Analisa Kebutuhan Buku Ajar Bahasa Inggris SMK Jurusan Usaha Perjalanan Wisata

Ririn Pratiwi Suharto, Istina Atul Makrifah, Widiarini Widiarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengalisa kebutuhan buku ajar Bahasa Inggris berdasarkan Project based Learning (PBL) untuk siswa Jurusan Usaha Perjalanan Wisata kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan dua macam instrumen untuk pengumpulan data yaitu berupa kuesioner dan wawancara. Aspek yang dinilai dari penelitian ini adalah hasil tanggapan dari kebutuhan buku Bahasa Inggris yang sesuai dengan karakteristik siswa dan kurikulum dengan responden guru Bahasa Inggris dan siswa kelas X Jurusan Usaha Perjalanan Wisata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Buku Bahasa Inggris sesuai dengan KI dan KD, (2) Topik yang ada di dalam buku perlu lebih menarik dan sesuai dengan jurusan yang mengangkat pariwisata lokal, (3) Siswa dan guru Bahasa Inggris memerlukan buku Bahasa Inggris yang berhubungan dengan jurusan Usaha Perjalanan Wisata yang berbasis proyek untuk dapat belajar secara mandiri dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan praktek secara langsung.

Keywords


Analisa Kebutuhan, Buku Bahasa Inggris, Jurusan Usaha Perjalanan Wisata

References


Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Publisher.

Abidin, Zainal. 2007. Analisis Eksistensial. Jakarta: Raja Grafindo.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 65 Tahun 2016 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Nugroho, Sugeng, Suparmi dan Sarwanto. 2012. Pembelajaran IPA denga Metode Inquiry Terbimbing menggunakan Laboratorium Riil dan Vituil ditinjau dari Kemampuan Memorial dan Gaya Belajar Siswa. JURNAL INKUIRI ISSN: 2252-7893, Vol 1, No 3, 2012.

Tomlinson, Brian. 2011. Materials Development in Language Teaching. Cambridge University UK: Press

Prastowo, Andi. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Yogyakarta: DIVA Press.

Hemalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Richards, J.C. 2002. Curriculum Development in Language Teaching. USA. Cambridge.

Cahyati, Sri Supiah & Siska Rizkiani. 2017. Analisis Kebutuhan Siswa dalam Materi Buku Teks Bahasa Inggris Tingkat SMK. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 5(1): 39-51.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v5i1.376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar