Penggunaan Model Time Token Arends Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Pembelajaran Menyimak Laporan Perjalanan Siswa Kelas VIIIA SMPN 1 Jelbuk Jember

Indana Mardiani

Abstract


Permasalahan yang dihadapi guru pada siswa  kelas VIIIA SMPN 1 Jelbuk adalah kemampuan siswa dalam menyimak laporan  perjalanan masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal0 yang ditentukan sekolah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut guru menerapkan model Time Token Arends.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan diterapkannya model Time Token Arends dapat  meningkatkan  hasil belajar siswa dalam menyimak laporan perjalanan pada  siswa  kelas VIIIA SMPN 1 Jelbuk  Jember Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016. Prosedur penelitian dilakukan dengan observasi awal, pada tahap ini nilai yang diperoleh siswa adalah 76 dengan ketuntasan klasikal  mencapai 70 % dan terdapat 11 siswa yang belum tuntas. Penelitian dilanjutkan dengan siklus I yang memperoleh  rata-rata nilai 81 dan ketuntasan klasikal  81 %. Pada siklus II, ketuntasan klasikal mencapai 95% dan nilai rata-rata kelas 87 dan ada 2 siswa yang tidak mencapai KKM. Penelitian pada siklus II model Time Token Arends dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menyimak laporan perjalanan.

Keywords


hasil pembelajaran menyimak; model time token arends; laporan perjalanan

References


Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum 2006. Jakarta.

Fatmawati, N. Y., & INDONESIA, P. B. D. S. (2011). Keefektifan Strategi Time Token Arends terhadap Kemampuan Menyimak Laporan Perjalanan pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Wonosari Gunungkidul.

Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Kasihani Kasbolah, E. S., & Sukarnyana, I. W. (1998). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dikti, Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jakarta.Keraf, Gorys. 1990. Komposisi, Ende: Nusa Indah

Perwitasari, A., & Abidin, Z. (2014). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pkn Melalui Model Time Token Arends Dengan Media Audio Visual. Joyful Learning Journal, 3(1).

Sukmadinata, S. N. (2005). Metode Penelitia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryani, Eli. 2013. Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Anak dengan Metode Simak Ulang Ucap pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau – 2013.repository.uin-suska.ac.id

Wardani, I. G. A. K. (2014). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Universitas Terbuka




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i4.370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar