Pengembangan Kompetensi Penelitian Sosial Melalui Pelatihan Statistik Bagi Siswa Madrasah Aliyah Salafiyah Ketegan, Tanggulangin, Kab. Sidoarjo

Imamul Huda Al Siddiq, Wahyu Djoko Sulistyo, Alan Sigit Fibrianto

Abstract


Statistika sosial menjadi alat analisa cukup penting dalam penelitian sosial, tertuama pendekatan kuantitatif, namun materi tersebut cukup menjadi momok bagi siswa sekolah menengah atas. Untuk itu, siswa sekolah menengah atas perlu mulai dikenalkan dengan materi penelitian social, diamana statistika dasar diterapkan. Statistika merupakan metode pengolahan data yang berupa angka. Pengetahuan ini penting untuk dipahami oleh para siswa baik saat ini maupun bekal nantinya. Pelatihan ini dilaksanakan atas dasar pertimbangan tersebut. Pelaksaanya meliputi tiga tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan capaian yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan yang berjalan lancar. Hasil evaluasi dengan membandingkan hasil pretest dan posttest menujukkan hasil bahwa t value (2,474) lebih besar dari t-tabel (2,228) dengan taraf kesalahan sebesar 0,05, artinya disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan nilai posttest. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman peserta terhadap statistika social dasar setelah pelatihan.

Keywords


Statistika, Penelitian social, MAS Salafiyah

References


Arifin, Z. (2009). Evaluasi pembelajaran (Vol. 8). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Bernard, H. R., & Bernard, H. R. (2013). Social research methods: Qualitative and quantitative approaches. Sage.

Dhewy, R. C. (2018). Pelatihan Dasar-dasar Statistika dengan Menggunakan Aplikasi Microsoft Excel di Sdn Pamotan II Kecamatan Porong. JURNAL PADI (Pengabdian Masyarakat Dosen Indonesia), 1(1), 36–40.

Fägerstam, E. (2012). Space and Place: Perspectives on outdoor teaching and learning (PhD Thesis). Linköping University Electronic Press.

Fauziarti, B. F., & Soedarsono, Fx. (2014). Efektivitas Pelatihan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Grabag. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 174. https://doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2687

Hanum, F., & Si, M. (2011). Konsep, Materi dan Pembelajaran Sosiologi. Makalah Disampaikan Pada Seminar Regional: Pembelajaran Dan Pendidikan Karak-Ter Mata Pelajaran Sosiologi, Yang Diselenggarakan Jurusan Sosiologi Dan Antropologi Universitas Negeri Surakarta, 27.

Hasan, H. S. (2013). Kurikulum 2013. Makalah Seminar Nasional, UNJ.

Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21–46.

Nugroho, S. (2008). Dasar Dasar Metode Statistika. Grasindo.

Panjaitan, D. J. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Pembelajaran Langsung. JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC, 1(1), 83–90.

Putri, N. A. (2011). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Sosiologi. Komunitas: International Journal Of Indonesian Society and Culture, 3(2).

Rohmat, Z. (2018). Problematika Pendidik Sosiologi Antropologi Di Masyarakat Multikultural. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, Dan Antropologi, 2(1), 151–172.

Sakti, I., Puspasari, Y. M., & Risdianto, E. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Melalui Media Animasi Berbasis Macromedia Flash Terhadap Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. Exacta, X(1), 1–10. https://doi.org/10.1073/pnas.1411514112

Samsudin, M. D. I. (2016). Pengaruh Pembelajaran Model Observasi Lapangan (OUTDOOR STUDY) dan Pembelajaran Inquiry terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Siswa IPS SMA Negeri 3 Probolinggo. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 10(2).

Soegijono, M. S., & KR, D. (1993). Wawancara Sebagai Salah Satu Metode Pengumpulan Data. Media Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 3(1).

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Sulistyo, W. D. (2019). MENGGUGAH SENSITIVITAS SOSIAL MAHASISWA MELALUI IMPLEMENTASI PRAKSIS SOSIAL. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis, 4(1), 38–46.

Suminta, R. R., & Sayekti, F. P. (2017). Kecemasan Statistik Ditinjau dari Jenis Kelamin. Quality, 5(1), 140–154.

Veletsianos, G., & Kimmons, R. (2016). Scholars in an increasingly open and digital world: How do education professors and students use Twitter? The Internet and Higher Education, 30, 1–10. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2016.02.002

Widyantini, T. (2012). Penerapan model pembelajaran langsung dalam mata pelajaran matematika SMP/MTs. Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

Wulandari, L., Suswardany, D. L., & Firnawati, A. F. (2011). Efektivitas Pelatihan Perawatan Diri terhadap Dukungan Emosional dan Instrumental Keluarga Penderita Kusta. Jurnal Keperawatan Soedirman, 6, 10.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v5i1.369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar