Penerapan Media Jquiz pada Pembelajaran Menyimak Karya Sastra di IKIP Budi Utomo Malang

Artifa Sorraya, Yunita Anas Sriwulandari

Abstract


Proses kegiatan pembelajaran diperlukan model, metode, strategi, dan media pembelajaran, untuk tercapainya kegiatan belajar mengajar. Media JQuiz adalah salah satu media yang dapat diterapkan pada kegiatan pembelajaran. Media JQuiz merupakan media untuk membuat berbagai macam jenis soal, salah satunya soal pada matakuliah menyimak. Menyimak dilakukan secara sengaja untuk mendapatkan informasi dari penutur.’Tujuan dalam penelitian’ini, antara lain: 1) mendeskripsikan hasil kemampuan menyimak mahasiswa pada pembelajaran menyimak karya sastra pada prates), 2) mendeskripsikan hasil kemampuan mahasiswa pada pembelajaran menyimak karya sastra pada postes, dan 3) mendeskripsikan perbedaan kemampuan menyimak mahasiswa pada pembelajaran menyimak karya sastra antara prates dan postes. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen satu kelompok atau berpasangan, karean hanya menggunakan satu sampel saja. Teknis‘analisis data menggunakan uji’t statistik, uji validitas satu sampel. Hasil uji t statistik = 4,861 ˃‘t- tabel’= 2, 093,‘maka terdapat perbedaan antara’X1 dan X2. Dari hasil tersebut membuktikan bahwa ada perbedaan kemampuan menyimak antara prates dan postes, yang tanpa menerapkan media JQuiz dan dengan menerapkan media JQuiz pada pembelajaran menyimak karya sastra.

Keywords


Media JQuiz; Pembelajaran Menyimak; Karya Sastra

References


Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter.Bandung: Refika Aditama.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Ketrampilan Berbahasa Dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Malang: PT Refika Aditama.

Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sukmadinata, Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Tabarani, Ahmad. 2001. Teori Sastra. Malang: Modul Matakuliah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Islam Malang.

Wahyuni, Sri. 2008. Evaluasi Pembelajaran Bahasa. Malang: Universitas Islam Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i4.365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar