Pengembangan Materi Ajar Bahasa Inggris Berbasis Project Based Learning untuk Siswa Jurusan Usaha Perjalanan Wisata

Istina Atul Makrifah, Widiarini Widiarini

Abstract


Penelitian bertujuan mengembangkan materi ajar Bahasa Inggris berbasis Project based Learning untuk siswa SMK Jurusan Usaha Perjalanan Wisata kelas X. Hal ini didasari oleh kenyataan bahwa materi yang ada di buku ajar Bahasa Inggris belum mencakup kompetensi jurusan. Project based Learning dipilih untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam penguasaan Bahasa Inggris dalam bentuk-bentuk projek kreatif. Untuk merancang materi ajar yang sesuai, terlebih dahulu peneliti melakukan analisis materi pada buku ajar yang digunakan. Peneliti juga memberikan angket kepada guru dan siswa untuk melihat persepsi mereka tentang materi pada buku. Selanjutnya, data akan dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Dari data yang diperoleh, materi yang dikembangkan meliputi 4 kemampuan dasar Bahasa Inggris yaitu listening, speaking, reading dan speaking dengan 4 tema khusus kepariwisataan yaitu akomodasi dan transportasi, tempat pariwisata lokal di Kabupaten dan Kota Blitar, food dan handicraft. Keabsahan materi diperoleh dari observasi lapangan yang dilakukan peneliti dan kemudian disinkronkan dengan kurikulum yang digunakan. Dengan penekanan materi ajar Bahasa Inggris berbasis Project based Learning, siswa Jurusan Usaha Perjalanan Wisata dapat secara aktif dan kreatif mengembangkan kompetensi khusus dan membantu meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris secara aktif.

Keywords


Pengembangan, materi ajar, Project based Learning, Usaha Perjalanan Wisata

References


Mashura, H. (2003). Materials for Developing Reading Skills. In B. Tomlinson (Ed). Developing Reading Materials for Language Teaching. London: Continuum.

Larmer et al., 2015.Setting the Standard for Project Based Learning: A Proven Approachto Rigorous Classroom Instruction. United States of America: ASCD Books andPublications.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Dubicka, I. and O’Keeffe, M. 2015. English for International Tourism, Second Edition. London: Pearson Education ESL.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i3.357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar