Refleksi Pelaksanaan Pembelajaran pada Praktik Mengajar Mahasiswa di jenjang SD sederajat Untuk Mata Pelajaran Bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v4i3.355Keywords:
education, EFL teaching, primary schoolAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil refleksi pelaksanaan pembelajaran 20 orang mahasiswa pada praktik mengajar bahasa Inggris dijenjang SD. Data penelitian ini diambil dari hasil laporan individu mahasiswa yang berisi refleksi mereka ketika melaksanakan praktik mengajar. Terdapat enam aspek pelaksanaan pembelajaran yang direfleksikan mahasiswa. Pertama, mahasiswa membuka pembelajaran dikelas dengan brainstorming. Kedua, siswa belum banyak mengenal kosakata bahasa Inggris sebagai materi utama pembelajaran. Ketiga, media pembelajaran yang menggunakan LCD sangat membantu dalam penyampaian materi pembelajaran. Keempat, siswa lebih rileks bila belajar dengan menggunakan permainan yang melibatkan gerak anggota tubuh. Kelima, kondisi kelas yang gaduh, alokasi waktu pembelajaran yang belum efisien, komunikasi dan instruksi antara guru dan siswa yang belum maksimal, kesulitan siswa yang utama pada pelafalan bahasa Inggris, serta terbatasnya sumber belajar siswa. Aspek refleksi terakhir adalah mahasiswa menutup pembelajaran dengan memberikan penguatan akan materi yang telah diajarkan.
References
Hariyanto, F.A. 2014. Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Mengembangkan RPP Berdasarkan Kurikulum 2013 dengan Menggunakan ”Bloom’s Taxonomy Cognitive Domain Learning Stages ” pada Mahasiswa Semester VI FKIP Bahasa Inggris Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 4(1):423-437
Khakiim, U., Degeng, I.N.S., dan Widiati, U. 2016. Pelaksanaan Membuka dan Menutup Pelajaran oleh Guru Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9): 1730-1734
Khorasgani, A.T., dan Khanehgir, M. 2017. Teaching New Vocabulary to Young Learners: Using Two Methods Total Physical Response and Keyword Method. International Journal of Evaluation and Research in Education, 6(2):150-156
Mappiasse, S.S., dan Sihes, A.J.B. 2014. Evaluation of English as a Foreign Language and its Curriculum in Indonesia: A Review. English Language Teaching, 7(10): 113-122
Rustam. 2015. Konstrak Keterampilan Mengajar Mahasiswa Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(3): 263-277
Sehan, Z. 2018. An Investigation on the Last Year EFL University Students Ideas on Using Story in Teaching English to Young Learners. Journal of Language and Linguistic Studies, 14(1), 125-138.
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta
Sumaryanta, Pradjitno, E., dan Agustina, T. 2018. Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Sekolah Dasar Kelas Tinggi Terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan Pengembangan Sosial. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sumaryanta, Pradjitno, E., dan Agustina, T. 2018. Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Sekolah Dasar Kelas Awal Terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sutarsyah, C. 2017. Pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Muatan Lokal pada Sekolah Dasar di Propinsi Lampung. Aksara, Jurnal Bahasa dan Sastra, 18(1): 35-43
Sutisnawati, A. 2017. Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Mimbar Pendidikan Dasar, 8(1):15-24
Suyanto, K.K.E. 2009. English for Young Learners. Jakarta: Bumi Aksara
Tejeda, A.C.T., dan Santos, N.M.B. 2014. Pronunciation Instruction and Students’ Practice to Develop Their Confidence in EFL Oral Skills. PROFILE Issues in Teachers’ Professional Development, 16(2), 151-170. http://dx.doi.org/10.15446/profile.v16n2.46146.
Uzun, A. M. dan Kilis, S. 2019. Impressions of Preservice Teachers About Use of PowerPoint Slides by Their Instructors and its Effects on Their Learning. International Journal of Contemporary Educational Research, 6(1), 40-52. DOI: https://doi.org/10.33200/ijcer.547253
Wedi, A. 2016. Pendayagunaan Sumber Belajar dalam Implementasi Strategi Penyampaian Pembelajaran Tematik. Edcomtech, 1(1):83-92
Yamin, M. 2017. Metode Pembelajaran Bahasa Inggris di Tingkat Dasar. Jurnal Pesona Dasar, 1(5):82-97




