Menanamkan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Jiwa Nasionalisme Peserta Didik dengan Teknik Gedrik

yumanah yumanah

Abstract


Modernisasi dan globalisasi membawa dampak positif dan negatif. Dampak negatif timbul karena menurunnya jiwa nasionalisme. Penanaman jiwa nasionalisme salah satunya melalui pembelajaran di sekolah dengan memberikan pendidikan karakter. Dalam artikel ini penulis memaparkan cara menanamkan karakter melalui pembelajaran Bahasa Indonesia pada kompetensi dasar menulis teks cerita sejarah dengan menggunakan teknik permainan “Gedrik” dan media mata uang kertas rupiah. Pemilihan permaian “Gedrik” karena dalam permainan “Gedrik” banyak sekali manfaatnya untuk perkembangan fisik maupun psikis. Penggunaan media mata uang kertas rupiah dimaksudkan agar peserta didik lebih tertarik dan di dalam mata uang tersebut terdapat gambar pahlawan yang dapat digunakan sebagai sumber inspirasi menulis teks cerita sejarah. Tujuan penulisan artikel ini: (1) mendeskripsikan penerapan permainan “Gedrik” dan penggunaan media uang kertas rupiah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk menanamkan karakter, (2) menjelaskan karakter yang dapat ditanamkan kepada peserta didik melaui permainan “Gedrik” dan media mata uang kertas rupiah. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dan subyek penelitiannya kelas XII TKJ 4. Hasil pembelajaran dari aspek afektif, aktivitas peserta didik dalam kategori baik. Aspek psikomotorik dalam melakukan diskusi termasuk dalam kategori baik. Aspek psikomotorik dalam menulis teks cerita sejarah peserta didik yang mencapai ketuntasan ada 30 (88.23%) dan yang belum mencapai ketuntasan ada 4 (11.76%). Dari aspek kognitif peserta didik yang mencapai ketuntasan ada 32 (94.12%) dan yang belum mencapai ketuntasan ada 2 (05.88%). Ketuntasan minimal yang berlaku 75.

Keywords


gedrik; mata uang; karakter; nasionalisme

References


Asrori, Mohammad. 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

BNSP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Th 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Sekolah Menengah. Jakarta: Depdiknas

Fathurrohman, Pupuh. 2007. Strategi Belajar mengajar. Bandung: PI Refika Aditama

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta

Hall, Gene E. 2008. Mengajar dengan Senang, Menciptakan Perbedaan dalam Pembelajaran Siswa. Jakarta: PT Indek

Listyarti, 2012. Pendidikan Kaeakter dalam Metode Aktif, Inovatif, dan Kreatif. Jakarta: Erlangga

Johnson, Lou Anne. 2009. Pengajaran yang Kreatif dan menarik. Kebayoran, Jakarta barat: PT. Indek

Tim Penyusun kamus Pusat Bahasa. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesi, Ed. 3. Jakarta: Balai Pustaka

Winataputra, S.U dkk. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI Universitas Terbuka




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i3.353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar