Pengembangan Bahan Ajar Puzzle pada Matematika Berbasis Realistik Materi KPK dan FPB (Studi pada Kelas 5 SDN Bendogerit 1 Kota Blitar)

Mohamad Fatih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan pembelajaran untuk lebih memahami Least Common Multiple (LCM) dan Greatest Common Divisor (GCD) berdasarkan Pendidikan Matematika Realistis dengan bantuan puzzle untuk penggunaan yang valid, efektif dan praktis untuk siswa kelas 5 SDN Bendogerit 1 Kota Blitar. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model 4D, tetapi meniadakan fase diseminasi. Validitas produk dinilai oleh tiga validator yaitu ahli materi, media, dan bahasa. Sementara kepraktisan dan efektivitasnya dinilai oleh dua pengamat dan siswa pengguna selama pengujian lapangan. Instrumen penelitian terdiri dari (1) angket validasi, (2) lembar observasi, (3) panduan wawancara, dan (4) tes. Hasil dari proses validasi dari ketiga validator menunjukkan bahwa media pembelajaran telah memenuhi kriteria "valid". Pengujian lapangan menghasilkan label "praktis" dan "efektif" dari penggunaan bahan ajar puzzle materi KPK dan FPB.

Keywords


Puzzle, Matematika Realistik; KPK dan FPB

References


Adam, D dan Hamm, M. 2010. Demistify Math Science and Thecnology Creatitiy Innovation and Problem Solving. Plymouth: Rown and Litlefield Education.

Asra. 2004. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berdasarkan Pendekatan Konstruktivisme untuk Topik Persegipanjang dan Persegi di Kelas 1 SMP Negeri 22 Surabaya. Tesis yang tidak diterbitkan. Surabaya: 1 Pascasarjana, Universitas1 Negeri Surabaya. 1

BNSP. 2006. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Fadjar, S. 2010. Modul Matematika SMP Program Bermutu (Pembelajaran1 Matematika melalui Pendekatan1 Realistik di SMP). Yogyakarta: Jurnal UNY.

Flegg, G. 1983. Their History & Meaning. New York: Schocken Book.

Freudenthal, H. 1991. Revisting Mathematic Education. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Hobri.1 2008. “Realistic Mathematic Education1 (RME), Konsepsi dan Pelaksanaannya”.Jember: Lembaga Penelitian Universitas Jember.

Hobri. 2010. Metodologi Penelitian Pengembangan, Aplikasi pada penelitian pendidikan matematika. Jember: Pena Salsabila.

Hudoyo, H. 1990. Strategi Dasar Mengajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Kadarwati. 2004. Pendekatan Realistik1 Matematika1 pada Pembelajaran Perkalian1 dan Pembagian1Bilangan Cacah Siswa Kelas II SDN Sidorejo Kota Salatiga.Tesis yang tidak diterbitkan. Malang: PPS Universitas Negeri Malang.

Miswanto. 2012. Pengembangan Buku Siswa Bercirikan Penemuan Terbimbing Materi Eksponen. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pescasarjana Universitas Negeri Malang.

Nugroho, P. 2008. Pengembangan Modul Pembelajaran Menggunakan Teori Bruner Materi Kubus dan Balok. Tesis yang tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Prastowo. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: Diva Press

Royani, M. 2008. Pendekatan Realistik pada Soal Cerita Buku Matematika SD. Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan STIKIP PGRI Banjarmasin. Vol 3. No.1 Januari-Juni 2008.

Siswoyo, A. A. 2012. Pengemabngan Perangkat MAtematik Berbasis Realistic Mathematic Education (RME). Tesis yang tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Thiagarajan, S, Semmuel, D. S and Semmel, M.I. 1974. Instructional Develepment for Training Teacher of Exceptional Children. A Source Book Bloomington Center for Innovation on Teaching The Handicapped. Indiana: Indiana University.

Treffers, A. 1991. Didagtical Background of a Mathematic Program for Primary School. Dalam Leen Streefland (ED), Reaistic In Primary School: On The Occasion of The Opening of The Frendenthal Institute. Hlm 11. Netherland: Utrecht University, (CD-β Press).

Van den Heuvel-Panhuizen, M. 1996. Assesment and Realistic Mathematics Education. Utrecht: SD-b Press, Center for Science and Mathematic Education.

Wijaya, A. 2012. Pendidikan Matematika Realistik suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wina, Sanjaya. 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v5i2.348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar