Pengaruh Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Fisika pada Matakuliah Termodinamika

Yuniar Alam

Abstract


Proses belajar mengajar sangat menentukan keberhasilan hasil belajar, strategi pembelajaran bergantung pada kepiawaian pengajar dalam menggunakan metode dan teknik pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mencari pengaruh hasil belajar termodinamika menggunakan penguasaan keterampilan proses sains pada mahasiswa UNU Blitar dengan menggunakan teknik wawancara terstruktur, angket dan instrumen. Pembelajaran menggunakan keterampilan proses sain menunjukan peningkatan yang signifikan dalam mencapai hasil belajar dimana siswa lebih mudah memahami dan mengerti dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Teknik Pengumpulan data menggunakan pretest-postest dengan indicator yang sesuai dengan pembelajaran. Hasil data menunjkan bahwa keterampilan proses sain memiliki pengaruh yang signifikan untuk proses pembelajaran fisika.

Keywords


Keterampilan Proses Sains, Pembelajaran fisika

References


Ramdan, Sahri dan Hamidah, Ida. 2015. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Smp Melalui Penerapan Levels Of Inquiry Dalam Pembelajaran IPA Terpadu. Journal EDUSAINS, Vol. 7 No 02:106-113

Rahayu, Ai Hayati dan Anggraeni, Poppy. 2017. Analisis Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Sumedang. Jurnal Pesona Dasar, Vol. 5 No 2: 22- 33

Gusdiantini , Lela., Aeni, Ani Nur., dan Jayadinata, Asep Kurnia. 2017. Pengembangan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Pada Materi Gaya Gesek Melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah: Vol 2 No 1:651-660

Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Rineka Cipta. Jakarta.

Suparno, paul .2013.metodelogi pembelajaran fisika, kontruktivistik dan menyenangkan. Yogyakarta:Universitas Sanata Dharma.

Tawil & Liliasari. (2014). Keterampilan-keterampilan sains dan implementasinya dalam pembelajaran IPA. Makasar: Badan Penerbit UNM.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i3.338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar