Identifikasi Sikap Peduli Lingkungan di SMP Negeri 8 Kota Jambi

Alexander Yudha Abimantara, Erika Erika, Murniati Murniati

Abstract


Sikap peduli lingkungan merupakan sikap yang perlu ditanamkan sejak usia dini yakni pada Pendidikan dasar. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi sikap kepedulian siswa terhadap lingkungan agar dapat ditingkatkan. Untuk melihat sejauh mana rasa peduli siswa SMP terhadap lingkungan. Untuk melihat tingkat keberhasilan pendidik dalam menerapkan sikap peduli lingkungan peserta didik. Maka, peneliti tertarik untuk mengidentifikasi sikap peduli lingkungan siswa terutama di SMP Negeri 8 Kota Jambi.  Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 8 Kota Jambi kelas VIII-H berjumlah 28 siswa dan kelas VIII-I yang berjumlah 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 56 siswa, 28 siswa (50%) mempunyai sikap peduli lingkungan yang sangat baik dan sebanyak 26 siswa (46%) mempunyai sikap peduli lingkungan yang baik. Selain ditinjau dari hasil penelitian, dapat juga dinilai melalui siswa yang membuag sampah pada tempatnya dan cara menyiram tanaman yang ada di depan kelas.


Keywords


Sikap, Peduli Lingkungan

References


Ani, H. (2013). Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan Melalui Implementasi Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dalam Pembelajaran IPA kelas IV.1 di SD N Keputran “A.”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Astalini, Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Pathoni, H. (2019). Identifikasi Sikap Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Jambi. Unnes Physics Education Journal, 8(1), 35.

Astupura, D. A., & Yuliani, H. (2015). Korelasi Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Motivasi dan Keterampilan Proses Sains Pada Matei Pokok Cahaya. Edu Sains, 3, 112–124.

Bellah, A. (2017). Pengaruh Sikap Sosial Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII di MTs Al-Maarif 01 Singosari Malang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Iswari, R. D., & Utomo, S. W. (2017). Evaluasi Penerapan Program Adiwiyata Untuk Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan di Kalangan Siswa (Kasus: SMA Negeri 9 Tangerang Selatan dan MA Negeri 1 Serpong). Jurnal Ilmu Lingkungan, 15(1), 35. https://doi.org/10.14710/jil.15.1.35-41

Kadir, A. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Prenamedia Group.

Kholis, N., & Karimah, R. (2018). Aksi Budaya Teo-Ekologi Melalui Integrasi Kurikulum Pendidikan Lingkungan Hidup. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 17(2), 451–470. https://doi.org/10.21154/altahrir.v17i2.958

Neolaka, A., & Neolaka, G. A. A. (2017). Landasan Pendidikan (dasar pengenalan diri sendiri menuju perubahan hidup). Depok: Kencana.

Trahati, M. R. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Negeri Tritih Wetan 05 Jeruklegi Cilacap. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 151, 10–17. https://doi.org/10.1145/3132847.3132886




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i3.323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar