UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MATERI GLOBALISASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS

Lilik Suprapti

Abstract


Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Puri dengan jumlah siswa 30 anak. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus membutuhkan waktu 2×35 menit dalam waktu 2 minggu pada bulan April 2016. Pengumpulan data diperoleh dari hasil data kualitatif dan kuantitatif. Setelah diterapkannya metode pembelajaran Talking Chips berdasarkan data yang diperoleh dari hasil persiklus, proses pembelajaran berjalan dengan baik dan terbukti efektif baik dalam meningkatkan keaktivan serta kreativitas siswa. Begitu pula dengan peningkatan hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan dengan dibuktikannya prosentase nilai di atas KKM (70) pada siklus II mencapai 85%.

Keywords


hasil belajar, talking chips, pkn

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v1i1.3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar