PENGEMBANGAN MODEL PASSING ATAS BOLAVOLI UNTUK USIA SMP

Valentino Hary

Abstract


Secara umum tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan model passing atas bolavoli untuk usia SMP. Selain itu, penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang: pengembangan dan penerapan model passing atas bolavoli untuk usia SMP dan mengetahui efektivitas, efisiensi dan daya tarik hasil pengembangan model passing atas bolavoli untuk usia SMP. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan pendekatan kualitatif serta menggunakan metode Penelitian  Pengembangan Research & Development (R & D).

Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah angket, kuisioner yang digunakan untuk mengumpulkan data pada tahap: (1) analisis kebutuhan; (2) evaluasi ahli (evaluasi produk awal); (3) ujioba terbatas (ujicoba kelompok kecil); dan (4) ujicoba utama (field testing). Efektivitas penerapan model passing atas bolavoli pada siswa ini digunakan teknik "uji-t". Sebelum data dianalisis, dilakukan uji normalitas terhadap data hasil pretest dan posttest passing atas bolavoli dengan menggunakan uji Lilliefors pada taraf nyata α = 0,05. Hasil passing atas bolavoli antara pretest dengan posttest diperoleh nilai tO = 4,512 lebih besar dari nilai tt = 1,796 maka hipotesis nihil ditolak serta nilai rata-rata pretest (x1) = 12.67  lebih kecil daripada rata-rata posttest (x2) = 13.92.

Berdasarkan hasil pengembangan dapat disimpulkan bahwa: (1) Dengan model passing atas bolavoli untuk usia SMP,  anak dapat belajar secara efektif dan efisien.(2) Dengan model yang telah peneliti kembangkan, anak lebih termotivasi serta aktif dalam mengikuti proses belajar passing atas.

Keywords


analisis kebutuhan, model passing atas bolavoli, efektifitas

References


Ahmadi, Nuril. Panduan Olahraga Bolavoli. Surakarta: Era Pustaka Utama, 2007.

Atmasubrata, Ginanjar. Serba Tahu Dunia Olahraga. Surabaya: Dafa Publishing, 2012.

Borg, W.R dan Gall, M.D. 1983. Educational Research An Introduction. New York:Longman, 1983.

Beutelstahl, Dieter. Belajar Bermain Bola Volley. Bandung: Pionir jaya, 2008.

Katrin, Bart & Richard Heuchert., Learning Volleyball. Germany:Meyer And Meyer Sport, 2007.

Kus, Sally. Choaching Volleyball Successfully. USA: Human Kinetics, 2004.

Papageorgiou, Athanasious. Volleyball a Handbook For Choach and Player. USA: Meyer and Meyer Sport, 2002.

Pete, Waite. Aggresive Volleyball, Dictate The Pace, Determine Outcome. USA:Human Kinetics, 2009.

Semiawan, Conny. Catatan Kecil Tentang Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007.

Setyosari, Punaji. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group, 2013.

Subroto, Toto dan Yunyun Yudiana. Modul Permainan Bolavoli. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2010.

Sugiyanto, dkk. Perkembangan Dan Belajar Motorik, Jakarta: Mendikbud, 2007.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Sugiyono. Motode Penelitian Pendidikan, pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2008.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Rosda, 2012.

Viera, Barbara L dan Bonnie Jill Fergusson. Bolavoli Tingkat Pemula. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2000.

------------. Volleyball Step to Success Second Edition (Canada:Human Kinetics, 2010), h. 49.

Winarno, M.E. Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Media Cakrawala Utama Press, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i1.270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar