UPAYA WALI ASUH PADA PESERTA ASUH MENGATASI BULLYING DI PESANTREN NURUL JADID PERSPEKTIF KOMUNIKASI PERSUASIF

Farhan Farhan, Aziah Aziah

Abstract


Pembentukan kewaliasuhan sebagai wakil orang tua bagi peserta didik di kalangan pesantren memiliki peran cukup signifikan dan relevan, utamanya dalam mengatasi problematika bullying santri. Sedangkan penerapan komunikasi persuasif sebagai upaya wali asuh merupakan strategi komunikasi efektif dan efisien menghadapi anak asuh generasi zaman now. Bagaimana upaya wali asuh pada peserta asuh mengatasi bullying di pesantren Nurul Jadid paiton Probolinggo?. Melalui Penelitian lapangan dengan analisis deskriptif kualitatif, dan pengumpulan melalui triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam upaya mengatasi bullying santri, wali asuh merealisasikan komunikasi persuasif pada anak asuh secara efektif dan dinamis, melalui beberapa program kegiatan, meliputi; 1) Kordinasi dan sharing  rutin mingguan, 2) One on one tatap muka antara anak asuh dengan wali asuh, 3) Tausiyah pengasuh sebagai penguatan spiritualitas dan 4) Adanya reward dan punisment.


Keywords


Bullying, Wali Asuh, Komunikasi Persuasif, Bimbingan Konseling

References


Afiati, Aen Istianah. UIN Sunan Kalijaga. Komunikasi Persuasif dalam Pembentukan Sikap (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Pelatih Pendidikan Militer Tamtama TNI AD di Sekolah Calon Tamtama Rindam IV Dipenogoro Kebumen). 2015. Yogyakarta. Skripsi.

Alfiah. Institut Agama Islam Nurul Jadid. Strategi Komunikasi Wali Asuh dalam Meningkatkan Kedisplinan Santri di Wilayah Al-Hasyimiyah. 2017. Probolinggo. Skripsi.

Arif K. Muh. Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Sikap Taqwa Anak di Sekolah Dasar, Jurnal Publikasi Pendidikan, Vol. IV, No. 2, Juni 2016.

Baharun, Hasan. 2016. Pendidikan Anak dalam Keluarga; Telaah Epistemologi, Pedagogik; Jurnal Pendidikan, Vol. 3, No. 2, Januari-Juni 2016.

Desmita. 2015. Psikologi Perkembangan,. Bandung:PT Raja Rosdakarya.

Ernawati. 2018. Sosialisasi Meningkatkan Kesadaran Santri Terhadap Tindakan Bullying Di Pesantren. Jurnal Abdi Moestopo, Vol. 01, No. 02.

Mujib, Abdul. 2006. Kepribadian Dalan Psikologi Islam. Jakarta : PT RajaGrafindo.

Mundiri, Akmal. 2018. Inovasi Pengembangan Kurukulum PAI di SMP Nurul Jadid. Jurnal Tadrib, Vol. IV, No.1.

Nata, Abuddin. 2014. Sosiologi Pendidikan Islam,. Jakarta : Rajawali.

Rohayati. 2017. Proses komunikasi masyarakat cyber dalam perspektif interaksi simbolik. Jurnal Risalah, Vol. 28, No. 1.

SARMIN, Sarmin. Konselor Sebaya: Pemberdayaan Teman Sebaya dalam Sekolah Guna Menanggulangi Pengaruh Negatif Lingkungan. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, vol. 2, no. 1, p. 102-112, feb. 2017.

Sarwono, Sarlito Wirawan. 2005. Teori-teori Psikologi Sosial. Jakarta: PT Rajagrafindo.

Shaleh, Abdul Rahman. 2004. Psikologi : Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam, Jakarta : Kencana.

Simbolon, Mangandar. 2012. Faktor Bullying Pada Mahasiswa Berasrama. Jurnal Psikologi, Vol. 39, No. 2.

Sucipto. 2012. Bullying dan Upaya Meminimalisasikannya. Jurnal Psikopedagogia, Vol. 1, No. 1.

Sugiariyanti. 2016. Perilaku Bullying pada Anak dan Remaja. Jurnal Ilmiah Psikologi, Vol. 1, No. 2.

Sukarno, Triwibowo Prabo, dkk. 2016. Pengembangan Panduan Pelatihan Creative Problem Solving untuk Mencegah Bullying di SMP. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, Vol. 1, No. 1.

Suparno, Paul. 2015. Pendidikan Karakter di Sekolah,Sebuah Pengantar Umum. Yogyakarta : PT Kanisius.

Yani, Athi’ Linda, dkk. 2016. Eksplorasi Fenomena Korban Bullying Pada Kesehatan Jiwa Remaja Di Pesantren. Jurnal Keperawatan, Vol. 4 No. 2.

Zainuddin, Muhammad, Reformasi Pendidikan di Era Otonomi Daerah, dalam pidato pengukuhan Jabatan Guru Besar Universitas Negeri Malang, 26 Oktober 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i1.265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar