AKULTURASI PEMEROLEHAN KOMPETENSI PRAGMATIK ANAK USIA DINI PADA LINGKUNGAN KELUARGA ETNIK JAWA DI ERA REVOLUSI DIGITAL

saptono Hadi, Sri Utami

Abstract


Revolusi digital merupakan perubahan dari teknologi mekanik dan elektronik analog ke teknologi digital. Bahasa merupakan hal pertama sekali yang dikuasai oleh anak, diperoleh secara alamiah melalui berbagai media di dalam lingkungan keluarga pengasuh anak tanpa melewati proses pembelajaran, berjalan secara spontan, tanpa sadar, dan tanpa beban untuk memahami maupun dipahami orang lain. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengkaji proses internal dalam pemerolehan pragmatik ber-BI anak usia dini dwibahasawan Jawa-Indonesia di era revolusi digital,   dan (2) mengkaji faktor eksternal dalam pemerolehan pragmatik ber-BI anak usia dini dwibahasawan Jawa-Indonesia di era revolusi digital. Ancangan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pragmatik (Lavinson, 1992) dan teori psikolinguistik, khususnya teori pemerolehan bahasa, yaitu teori konstruksi kreatif (Dulay, Burt, dan Krashen, 1982), rancangan penelitian silang (cross sectional), subjek dengan usia beda yaitu anak usia dini usia 2, 3, 4 tahun. Analisis data dengan teknik analisis diskursif. Hasil penelitian menunjukkan adanya proses konstruksi kreatif dalam pemerolehan pragmatik pada anak usia dini dwibahasawan Jawa-Indonesia di era digital yang meliputi (1) pola dominasi sosial-budaya dalam pemerolehan pragmatik ber-BI, (2) strategi interaksi, dan motivasi dan keluwesan ego penutur dalam pemerolehan kompetensi pragmatik ber-BI anak usia usia dini di era revolusi digital dalam lingkungan keluarga enik Jawa.

Keywords


Akulturasi, Pragmatik, AUD

References


Alwasilah, A. Chaedar. 2011. Beberapa Mahzab dan Dikotomi Teori Linduistik. Bandung: Angkassa.

Baradja, M. F. 1990. Perkembangan Teori Pemerolehan Bahasa Kedua dalam kaitannya dengan Proses Belajar-Mengajar. Pidato Pengukuhan Guru Besar. IKIP MALANG.

Cumings, Louise. 2007. Pragmatik, Sebuah Perspektif Multidisipliner. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dardjowidjojo. S. 1987. Linguistik: Teori & Terapan. Prosiding dari Simposium Linguistik 1985 Lustrum V Unika Atma Jaya.

Dardjowidjojo. S. 2000. ECHA Kisah Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia. Jakarta: Grasindo.

Dardjowidjojo. S., 2010. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Dardjowidjojo. S., 2012. Psiko-Linguistik. Penghantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasa Pustaka Obor Indonesia.

Goode, W.J. 2002. Sosiologi Keluarga. Jakarta: Bumi Aksara.

Iskandarwassid. 2013. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mbete, A. M. 2004. Linguistik Kebudayaan: Rintisan Konsep dan Beberapa Aspek Kajiannya. Dalam Bahasa dalam Perspektif Kebudayaan. Denpasar: Universitas Udayana.

Menno, S. dan M. Alwi. 1994. Antropologi Perkotaan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Otto, Beverly. 2015. Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.

Pateda, Mansoer. 1991. Linguistik Terapan.Bandung: Nusa Indah.

Rani, Abdul, dkk. 2004. Analisis Wacana. Sebuah Kajian Bahasa dalam Pemakaian. Malang: Bayyumedia Publishing.

Saryono, Djoko.2010. Pemerolehan Bahasa. Malang: Nasa Media.

Sumarsono. 2013. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suparno. 1996. Penggunaan BJ dalam Keluarga Muda Etnis Jawa. Dalam Kartomihardjo, S. (Ed). Konggres Bahasa Jawa II 1996. Surabaya: Pemerintah Propinsi Daerah Tk. I Malang.

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Psikolinguistik. Bandung: Angkasa.

Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktif. Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wahab, A. 2002. Kealpaan Terhadap Penghormatan dan Pemeliharaan Bahasa Daerah Pengemban Kebudayaan Nasional. Makalah disajikan dalam Konggres Linguistik Nasional (KLN) 2002.

Wiryotinoyo, M. 1996. Implikatur Percakapan Anak Usia SD. Disertasi tidak diterbitkan. Program Studi Pendidikan BI. PPS. IKIP MALANG.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i1.262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar