PELATIHAN PENGOLAHAN TEPUNG TELUR UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN KELOMPOK PKK DAN KELOMPOK WANITA TANI DESA JATINOM KANIGORO BLITAR

Lestariningsih Lestariningsih, Rosidi Aziz, Binti Khopsoh

Abstract


Blitar merupakan salah satu produsen telur terbesar di Indonesia. Setiap harinya kurang lebih 450 ton telur keluar dari Blitar. Desa Jatinom merupakan salah satu Desa di Blitar yang cukup berpotensi dalam produksi telur. Namun demikian, telur tersebut masih dijual dalam bentuk segar dan hanya dijadikan bahan konsumsi lauk pauk seperti biasanya. Selain itu, telur merupakan salah satu produk ternak yang mudah sekali terkontaminasi mikroorganisme sehingga mudah mengalami kerusakan. Oleh karena itu perlu bimbingan kepada Kelompok PKK dan Kelompok Wanita Tani sebagai organisasi social Desa Jatinom untuk mengolah telur menjadi tepung telur. Tepung telur merupakan salah satu produk yang cukup mudah pengolahaannya dan dapat meningkatkan daya simpan telur. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah survei, wawancara dan pelatihan. Hasil yang didapatkan bahwa terdapat peningkatan 45% pengolahan telur menjadi tepung telur.

Keywords


Telur, tepung telur, jatinom dan pelatihan

References


Aslichati, L. 2011. Organisasi pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga sebagai sarana pemberdayaan perempuan. Jurnal Organisasi dan Managemen 7 (1) : 1 – 7.

Aswiyati, I. 2016. Peran wanita dalam menunjang perekonomian rumah tangga keluarga petani tradisional untuk penanggulangan kemiskinan di Desa Kuwil Kecamatan Kalawat. Jurnal Holistik 17 (1).

Pranadji, T. 2006. Penguatan modal sosial untuk permberdayaan masyarakat pedesaan dalam pengelolaan agroekosistem lahan kering. Jurnal Agro Ekonomi 24 (2) : 178 – 206.

Salmah, N.N.A. 2012. Pengaruh program pelatihan dan pengembangan karyawan terhadap kompetensi karyawan pada PT. Muba Electric Power sekayu. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntasi (Jenius) 2 (3).

Shalfiah, R. 2013. Peran pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (PKK) dalam mendukung program program pemerintah Kota Bontang. Jurnal Ilmu Pemerintahan 1 (3) : 975 – 984.

Sidik, F. 2015. Menggali potensi lokal mewujudkan kemandirian Desa. Jurnal Kebijakan dan administrasi Publik 19 (2).

Syahra, R. 2003. Modal sosial : Konsep dan aplikasi. Jurnal Masyarakat dan Budaya 5 (1).

Turere, V.N. 2013. Pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap peningkatan kinerja karyawan pada Balai Pelatihan Teknis Pertanian Kalasey. Jurnal EMBA 1 (3) : 10 – 19.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i1.258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar