PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MEMBANTU MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA SMK PADA MATERI FUNGSI, PERSAMAAN FUNGSI LINIER DAN FUNGSI KUADRAT

Rachmadania Akbarita, Risang Narendra

Abstract


Pembelajaran matematika bagi siswa perlu memperhatikan pengembangan kemampuan penyelesaian masalah (problem solving). Kemampuan penyelesaian masalah berdasarkan Pola terdapat empat tahap, yaitu understanding the problem, devising a plan, carrying out the plan, looking back. Salah satu cara untuk meningkatan penalaran siswa adalah dengan modul pembelajaran berbasis masalah.Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis masalah yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran peserta didik kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada materi fungsi, persamaan fungsi linier dan fungsi kuadrat.

References


Agustiani, Iguk. 2013. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Masalah yang Dapat Meningkatkan Penalaran Siswa pada Materi Program Linier. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs UM.

Ario, Marfi. 2016. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smk Setelah Mengikuti Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmiah Edu Research Vol. 5 No. 2.

Barrody, A, J. (1993). Problem Solving, Reasoning, and Communicating, (K-8): Helping Children Think Mathematically. New York: Merill as imprint of Macmillan Publishing Company.

Depdiknas. 2008. KamusBesar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi IV. PT GramediaPustakaUtama: Jakarta

NCTM. 2000. Principles and Standarts for School Mathematics. NCTMInc : United States Of America.

Rusman, 2012. Model-Model Pembelajaran. Bandung: RajagrafindoPersada.

Shahida, Baig, &Halai, Anjum. 2006. Learning Mathematics Rules with Reasoning. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education.

Suryana. 2013. Keunggulan dan Kelemahan Pembelajaran Berbasis Masalah, (Online), (http://www.referensimakalah.com/2012/08/karakteristik-pembelajaran-berbasis-masalah-Problem-Based-Learning-PBL.html), diakses 2 Mei 2016.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., danSemmel, M.I. 1974. Intructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Minnesota: University of Minnesota




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i1.255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar