Kontrol Diri Dan Kecemasan Siswa SMA Dalam Menghadapi Ujian Nasional

Siti Nurina Hakim

Abstract


Ujian nasional (UN) sering disebut sebagai salah satu sumber kecemasan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan kecemasan siswa SMA dalam menghadapi ujian nasional. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan negatif antara kontrol diri dengan kecemasan siswa SMA dalam menghadapi UN. Metode yang digunakan yaitu studi korelasional. Subjek dalam penelitian adalah siswa SMA kelas XII sebanyak 109 siswa, l dengan teknik purposive sampling. alat ukur yang digunakan adalah Skala Kontrol Diri dan Skala Kecemasan. Data dianalisis dengan teknik analisi non parametrik dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution 15.0 for windows program. Hasil penelitian diperoleh r sebesar – 0,075; (p) = 0,218  artinya tidak ada hubungan antara kontrol diri dengan kecemasan siswa dalam menghadapi ujian nasional. Variabel kecemasan memiliki Rerata Empirik = 71,17 dan Rerata Hipotetik = 70, artinya tingkat kecemasan tergolong sedang. Variabel kontrol diri memiliki Rerata Empirik = 66,31 dan Rerata Hipotetik  = 52,5, artinya tingkat kontrol diri tergolong tinggi. Sumbangan efektif  variabel kontrol diri terhadap kecemasan sebesar 5,625%, sisanya 94,375% faktor lain yang mempengaruhi kecemasan.


Keywords


Kontrol Diri, Siswa SMA, Kecemasan, Ujian Nasional

References


Astuti, P. R.,& Purwanto, E. (2014). Perbedaan Self EfficacySiswa Dalam Menghadapi Ujian Nasional Di Smp Negeri 1 Boyolali Ditinjau Dari Keikutsertaan Bimbingan Belajar. Educational Psychology Journal 3 (1) (2014).http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/epj

Badan Stadar Nasional Pendidikan. (2008). Prosedur Operasi Standar (POS) Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Atas atau Madrasah Aliyah (SMA/MA) Tahun Pelajaran 2008/2009. Jakarta: Dinas Pendidikan Nasional.

Ekasari, A., & Yuliyana, S. (2012). Kontrol Diri Dan Dukungan Teman Sebaya Dengan Coping Stress Pada Remaja. Jurnal Soul, Vol. 5, No 2,September 2012.

Faried, L & Nashori, F. ( 2012). Hubungan Antara Kontrol Diri dan Kecemasan Menghadapi Masa Pembebasan pada Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Wirogunan Yogyakarta. Jurnal Khazanah, Vol. 5 No. 2 Januari 2012.

Larasati, M.A & Budiani, M. S. (2014). Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Pembelian Impulsif Pakaian Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabya yang Melakukan Pembelian Secara Online. Jurnal Character. Vol. 02. Nomor 3 tahun 2014.

Mukhlis, H. & Koentjoro. (2015). Pelatihan Kebersyukuran untuk Menurunkan Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa SMA. Gajah Mada Journal of Profesional Psychology. Volume 1, No. 3, Desember 2015: 203 -215 ISSN: 2407-7801.

Nevid ,J. S, Rathus, S. A., & Greene, B. ( 2005). Psikologi Abnormal Edisi Kelima Jilid1. Terjemahan: Tim Fakultas Psikologi Universitas Indonesia . Jakarta : Erlangga.

Pangastuti, M. (2014). Efektifitas Pelatihan Berpikir Positif untuk Menurunkan Kecemasan dalam Menghadapi Ujian Nasional (UN) Pada Siswa SMA. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia Januari 2014, Vol. 3, No. 01, hal 32 – 41.

Permono, A. T. (2014). Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Perilaku Delinkuen pada Remaja SMA Negeri 1 Polanharjo. Skripsi.Tidak diterbitkan. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pearce, J. (2000). Perilaku yang buruk. Penerjemah Purnama Sidhi. Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Rifin, A. (2016). Faktor – Faktor Penyebab Kecemasan Matematika. Artikel Publikasi Ilmiah. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sammy, A. W. Dundu, A. E. & Kaunang, T. (2015). Tingkat kecemasan pada siswa kelas XII SMA Negeri 5 Ambon dalam menghadapi ujian nasional. Jurnal e-Clinic(Eci). Volume 3, Nomor 1, Januari – April 2015

Tuyanto (2012). Efektifitas bimbingan kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok Sebaya untuk Mengurangi Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa SMA.Tesis. Tidak diterbitkan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v3i4.249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar