Biblio-Konseling Berbasis Cerita Rakyat sebagai Alternatif Layanan kepada Siswa

Sigit Hariyadi

Abstract


Kompleksitas persoalan siswa meluas tidak hanya dalam kaitan karakter, moral atau perilaku maladaptive saja. Lebih jauh dari itu tidak semua siswa mampu untuk mengungkap apa yang menjadi persoalan atau kebutuhannya secara verbalis. Media biblio-konseling berbasis cerita rakyat menawarkan sebuah alternative pilihan layanan yang memiliki potensi besar. Kemudahan akses pustaka yang dimiliki sekolah serta potensi biblio-konseling dalam mengajak siswa memasuki insight melalui refleksi buku menjadi media tersendiri dalam memahamkan siswa akan siapa dirinya. Selain itu kearifan local serta nilai pendidikan dalam cerita rakyat menjadi point tambah sebagai upaya pendidikan baik secara kognisi maupun afeksi kepada siswa tentang karakter dan moral. Biblio-konseling berbasis cerita rakyat diharapkan mampu menghubungkan masalah siswa dengan situasi dalam sebuah buku. Konseli akan mamahami diri dan menemukan penyelesaian masalah secara mandiri, secara khusunya dalam kaitanya dengan kearifan lokal setempat.

Keywords


Biblio-Counseling; Cerita rakyat; Konseling; Sekolah;

References


Danandjaja, James. (2007). Folklor Indonesia : Ilmu, Gosip, Dongeng, dan Lain-lain. Jakarta: Grafiti

Eliasa, Eva Imania. (2007). Biblio-counseling sebagai sebuah metode tindakan yang bermakna. Laporan Hasil Penelitian. Penelitan. Yogyakarta: FIP UNY

Fiest, J. Fiest, G.J. (2010). Teori Kepribadian : Theories of Personality. Jakarta : Penerbit Salemba Humanika

Hariyadi, S., Sugiharto, D. Y. P., & Sutoyo, A. (2014). Bimbingan Kelompok Teknik Biblio-Counseling Berbasis Cerita Rakyat untuk Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Siswa SMP. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2).

Khairun, D. Y., & Alhakim, I. (2017). MENINGKATKAN RESILIENSI REMAJA MELALUI BIBLIOCOUNSELING. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 2(1).

Kramer, Karin. (2009). Using Self-Help Bibliotherapi in Counseling. Alberta: lethbridge

Noor, Rohinah M. (2011). Pendidikan Karakter Berbasis Sastra : Solusi Pendidikan Moral yang Efektif. Jakarta : Ar Russ Media

Pehrsson, Dale-Elizabeth and McMillen, Paula. (2006). Competent Biblio-counseling: Preparing Counselors to Use Literature with Culturally Diverse Clients. ACA : Vistas Online.

Prakoso, E. T., & Kristianti, W. R. (2017). Biblio Counseling To Reduce The Effectiveness Of Student Academic Procrastination Force Of Guidance And Counseling. Satya Widya, 33(2), 93-98.

Ratna, Nyoman K. (2010). Sastra dan Cultural Studies. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Shechtman, Zipora. (2009). Treating Child and Adolescent Aggression Through Biblio-counseling. New York : Springer.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v3i4.237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar