Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII pada Materi Bilangan Melalui Model Treffinger Berbantuan Masalah Open-Ended

Ni Putu Juliantari, I Gusti Putu Suharta, I Made Suarsana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan tanggapan siswa melalui penerapan model treffinger berbantuan masalah open-ended. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-7 SMPN 2 Singaraja sebanyak 32 siswa pada semester ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Berdasarkan analisis data, secara klasikal menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan ditiap siklus secara berturut-turut, yaitu 46,88%, 68,75%, 87,5% dengan rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah dari siklus ke siklus secara berturut-turut, yaitu 74,69, 77,60, 82,08. Selain itu, siswa merespon sangat positif model treffinger berbantuan masalah open-ended.

Keywords


bilangan, matematika, open-ended, pemecahan masalah, treffinger

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Heris, H., & Afrilianto, M. 2017. Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: PT Refika Aditama.

Huda, M. 2016. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis (VII). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Mulyasa, E. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Parwati, NN. 2008. Implementasi Model Pembelajaran Penalaran dan Pemecahan-Masalah-Terbuka Untuk Meningkatkan Kompetensi Penalaran dan Komunikasi Matematik Siswa Kelas Vii SMP Negeri 2 Singaraja.

Parwati, NN. 2012. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Open Ended Problem Solving”. Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 18 No. 1.

Suwandi, T. 2016. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Open-Ended Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Oleh Siswa, 6. Tersedia pada: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/jpp/article/view/ 12474. Diakses tanggal 13 Maret 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v3i4.235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar