Penerapan Group Investigation untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Kelas VI pada Materi Bangun Ruang di MI GUPPI Ringinanom Udanawu

Fathul Niam

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk mendiskripsikan penerapan group investigation yang dapat meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VI pada materi bangun ruang. Menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian yang dilaksanakan di MI GUPPI Ringinanom Udanawu Blitar ini diikuti oleh 30 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Hasil dari dua siklus pembelajaran menunjukkan bahwa tindak pembelajaran dengan group investigation yang mampu meningkatkan pemahaman matematika siswa adalah: (1) guru selalu mengadakan tanya jawab tentang materi prasyarat yang dimiliki siswa sampai pemahaman mereka tentang materi prasyarat dipandang memadai untuk melakukan investigasi, (2) guru harus selalu berkeliling ke setiap kelompok dan membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami masalah secara individual, (3) guru menata posisi tempat duduk siswa dalam setiap pertemuan.


Keywords


group investigation; pemahaman matematika; bangun ruang;

References


As’ari, A.R. 2011. Membangun Karakter Pebelajar Unggulan Melalui Pembelajaran Matematika.Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional Matematika dan PendidikanMatematika tanggal 21-23 Juli 2011 di FMIPA UNY.

Akcay, N.O & Doymus K. 2012. The Effects of Group Investigation and Cooperative Learning Tecniques Applied in Teaching Force and Motion Subjects on Student’ Academic Achievements. Jurnal Internasional, 2(1). http://www.ebad-jesr.comimagesMAKALE_ARSIVC2_S1makalel er2%20(1)%20-%2007.pdf.

Falupi, L. 2011, Penerapan Group Investigation (GI) untuk Memahamkan Operasi Pecahan Pada Siswa Kelas VII A di SMP Negeri 4 Kepanjen dengan Menggunakan Pita Pecahan . Tesis tidak diterbitkan : PPs UM.

Isjoni. 2011. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Lotfy, N. 2012. Seating Arrangement and Cooperative Learning Activities:Students’On-task/ Off-task Participation in EFL Classrooms. Thesis: The American University in Cairo.

Mahsup. 2010. Penerapan Strategi Investigasi untuk meningkatkan pemahaman tentang sistem persamaan linier (SPL) Dua Variabel di SMP Negeri Kepanjen Malang. Tesis tidak diterbitkan : PPs UM.

Masjudin. 2011. Pembelajaran Kooperatif Investigasi untuk memahamkan siswa pada materi Barisan dan Deret di kelas XII IPA SMAN 1 Batu. Tesis tidak diterbitkan : PPs UM.

Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning: Theory, Research and Practice. Penerjemah : Nurulita Y. Bandung: Nusa Media.

Sharan.Y., & Sharan, S. 1989/1990. Group Investigation Expands Cooperative Learning. (Online), (http://www.ascd.orgASCDpdfjournalsed_leadel_ 198912_sharan.pdf).

Tsoi, M.F., Goh, N. K., & Chia, L. S. 2004. Using Group Investigation For Chemistry In Teacher Education. Forum Asia-pasifik Vol.5. https://www.ied.edu.hk/apfslst/v5_issue1/tsoimt/.pdf.

Yuwono, I. 2009. Membumikan Pembelajaran Matematika di Sekolah. Pidato pengukuhan Guru Besar dalam bidang Pend. Matematika pada FPMIPA disampaikan pada Sidang Terbuka Senat UM tanggal 5 November 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v3i3.222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar