Analisis Kemampuan Penyelesaian Masalah Geometri Pada Mahasiswa Matematika Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Rachmadania Akbarita

Abstract


Pembelajaran matematika bagi mahasiswa perlu memperhatikan pengembangan kemampuan penyelesaian masalah (problem solving). Kemampuan penyelesaian masalah berdasarkan Polya terdapat empat tahap, yaitu understanding the problem, devising a plan, carrying out the plan, looking back. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penyelesaian masalah geometri pada mahasiswa matematika UNU Blitar.


Keywords


penyelesaian masalah; geometri; matematika; mahasiswa;

References


Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Haylock, Derek. 1997. Recognizing mathematics creativity in Schoolchildren. Norwich. Page 68-74

NCTM. 2000. Principles and Standarts for School Mathematics.NCTM Inc: United States Of America.

Omrod, J. E. 2008. Psikologi Pendidikan (Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang). Penerjemah: Amitya Kumara. Jakarta: Erlangga

Polya, G. 1973. How To Solve It (A New Aspect of Mathematical Method). New Jersey: Priceton University Press

Silver, E. A. (1997). Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Thinking in Problem Posing. ZDM, 29(3). Electronic Edition ISSN 1615-679X. (online) http://www.fiz.karsruhe.de/fiz/publication/zdm. diakses tanggal 1 November 2017.

Wahidin, Didin. 2009. Berpikir Kreatif. (online) http://didin_un_nus.blogspot.com/2009/03/berpikir_kreatif.html/ diakses tanggal 5 November 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v3i3.221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar