Pembelajaran Osborn Dengan Teknik Brainstorming Berbantuan Aplikasi Matlab Materi Akar Persamaan Tak Linear

Harfin Lanya, Septi Dariyatul Aini

Abstract


Rendahnya hasil belajar mahasiswa pada matakuliah metode numerik, khususnya pada materi akar persamaan tak linear menjadi alasan peneliti untuk mengembangkan model pembelajaran Osborn dengan teknik Brainstorming berbantuan aplikasi matlab Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang baik dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Oleh karena itu, penelitian ini termasuk penelitian pengembangan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 yang mengikuti matakuliah metode numerik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan soal kuis. Observasi dilakukan oleh seorang observer terhadap mahasiswa dan dosen selama proses pembelajaran. Sedangkan soal kuis yaitu soal urain diberikan pada pertemuan terakhir untuk mengukur kemampuan mahasiswa setelah proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah Rencana Pembelajaran Mingguan (RPM), Lembar Kerja Mahasiswa (LKM), dan soal kuis dengan kriteria valid, praktis dan efektif.

Keywords


osborn, brainstorming; matlab; akar persamaan tak linear;

References


Hernandi, Julan. 2012. Matematika Numerik dengan Implementasi MATLAB. Yogyakarta : Andi Offset.

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Ibrahim, Muslimin. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.Surabaya. University Press.

Kemp, Jerrold E. dkk. 2011. Designing Effective Instruction sixth edition.New York. Macmillan Collage Publishing Company.

Khabibah, Siti. 2006. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Disertasi.Universitas Negeri Surabaya.

Munir, Rinaldi. 2010. Metode Numerik.Bandung.Informatika.

Nievien, N.M., 1999. Design Aproaches and Tools in Education and Training. Netherland.Kluwer Academy Publisher.

Sukamti. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Osborn dengan Teknik Brainstorming Materi Aritmetika Sosial. Tesis. Universitas Negeri Surabaya.

Tim Penyusun. 2017. Pedoman Akademik Universitas Madura. Pamekasan. UNIRA.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v3i3.212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar