URGENSI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MINAT SISWA SMP

Erhan Syah Albanjari

Abstract


Penerapan pembelajaran berbasis minat pada siswa ketika proses kegiatan belajar mengajar akan menambah daya aktivitas siswa. Siswa yang mempunyai minat yang tinggi terhadap sebuah objek khususnya mata pelajaran tentu akan membangkitkan motivasi dan meningkatkan aktivitas dan  rasa keingintahuannya terhadap sebuah mata pelajaran. Dan minat tentu saja dimiliki oleh segenap siswa yang terlibat dalam proses pembelajaran. Pemberdayaandan penerapan minat siswa ini sejatinya harus didorong oleh komponen proses pembelajaran yang melingkupinya. Sementara motivasi dan rasa ingin tahu siswa yang tinggi akan meningkatkan pula aktivitas belajarnya terhadap sebuah mata pelajaran. Penerapan pembelajaran berbasis minat siswa ini menjadi urgent ketika ketercapaian proses dari kegiatan pembelajaranyang maksimal menjadi tujuan yang diinginkan

Keywords


Minat, Pembelajaran

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, Abu, Teknik Belajar Yang Efektif. Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Brigg, Lislie J., Instructional Design and Applications. Englewood, NJ: EducationalTechnology Publication, Inc, 1979.

Crowl, Thomas K., Educational Psychology Window in Teaching. New York: Brownand Benchmark, 1996.

Fajar, Ernie, Portofolio Dalam Pelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Gagne, Robert M. dan Merey Perkins Driscoll, Essential of Leaning for Instruction. Englewood Cliff. N.J: Prentice Hall, 1988.

Gredler, Margareth E. Mell, Leaning and Instruction: Theory Into Practice. New York : Maemillan, 1986.

Hasaini dan Nur, Himpunan Istilah Psikologi. Jakarta: Mutiara Sumber Widya, 1986. Mulyasa, E., Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep Karakteristik dan Implementasi.Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.

______,Implementasi Kurikulum 2004: Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: RemajaRosda Karya, 2004.

Rooijakkers, Ad., Mengajar dengan Sukses. Jakarta: Gramedia, 1990.

Rowinszowski, Designing Intructional System Decision Making in Course Planning. New York, Nicholas Publishing, 1981.

Skinner, Charles E., Educational Psychology. Toronto : Prentice Hal, 1976.

Sujana, Nana, Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru, 1988.

Sukardi, E. dan W. F. Maramis, Penilaian Keberhasilan Belajar. Surabaya: Airlangga University Press, 1996.

Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali, 1990.

Syaiful Bahri, Psikologi Pendidikan Hasil Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. Indra. 2009

Syamsuddin, Abin, Pedoman Studi Psikologi Kepribadian. Bandung : IKIP Bandung, 1990.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v3i4.208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar