Analisis Kebutuhan pada Bahan Ajar Penelitian dan Penulisan Sejarah di Sekolah Menengah Atas (SMA)

Nia Ulfia Krismawati, Warto Warto, Nunuk Suryani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kebutuhan peserta didik di Sekolah Menengah Atas (SMA) terhadap bahan ajar sejarah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan berpedoman pada desain instruksional 4D (define, design, develop, and dissemination). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA kelas X IPS peminatan. Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan penyebaran kuisioner, buku paket sejarah telah digunakan dalam proses pembelajaran dan terbukti berhasil membantu peserta didik dalam mencari informasi. Namun, di sisi lain terdapat beberapa permasalahan yang muncul dari penggunaan buku paket seperti materi yang disajikan masih umum, hanya berfokus pada aspek kognitif, kurang mendetail, dan belum menyajikan kegiatan belajar aktif bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kebutuhan peserta didik, kurikulum, dan kondisi kelas guna menemukan solusi dalam bentuk pengembangan produk pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) terdapat permasalahan dalam penggunaan buku paket sejarah sebagai sumber utama, (2) peserta didik membutuhkan bahan ajar pengayaan yang mengintegrasikan sejarah lokal, (3) penggunaan model project-based learning dapat menjadi alternatif strategi untuk pembelajaran aktif, dan (4) sejarah gemblak dapat dijadikan sebagai studi kasus penelitian dengan beberapa pertimbangan

Keywords


bahan ajar pengayaan; project based learning; metode penelitian dan penulisan sejarah; sekolah menengah atas; ponorogo;

References


Abdullah, T. 1985. Ilmu Sejarah dan Historiografi. Jakarta: Gramedia.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul, Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Hamid, A. 2015. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konstektual Dalam Pembelajaran Abad 21, Kunci Sukses Implementasi Kurrikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kuswono. 2017. Pengembangan Modul Sejarah Pergerakan Indoensia Terintegrasi Nilai Karakter Religius. Jurnal Historia, 5 (1): 31-44.

Ningsih, P.H. 2015. Pengaruh Penggunaan Modul dan Penggunaan Buku Paket Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Sukabumi 10. JPPI, 9 (2): 1210-1218.

Notosusanto, N. 1975. Mengerti Sejarah. Jakarta: Yayasan Pendidikan Indonesia.

Novianti, dkk. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Berupa Cerita Rakyat Sebagai Wujud Kearifan Lokal. Jurnal Studi Sosial, 2 (4): 1-12.

Oguzan, K. 2015. Teaching Local History Using Social Studies Models For Turkish Middle School Students. Academic Journals of Educational Research and Reviews, 10 (8): 1284-1292.

Permana, N. 2016. Pemakaian Modul Pembelajaran Sejarah di SMAN 6 Padang. Jurnal Pendidikan Sejarah, 5 (2): 42-53.

Retnawati, H. 2017. Improving Understanding Of Research Methodology and Self Regulated Learning Through Blog Project. Cakrawala Pendidikan, 36(2): 180-191.

Romadi & Ganda, F. 2017. Pembelajaran Sejarah Lokal Berbasis Folklore Untuk Menanamkan Nilai Kearifan Lokal Kepada Siswa. Sejarah Dan Budaya, 11 (1): 79-94.

See, YA. 2015. The Effect of Project-Based Learning on the level of Content Knowledge of Pre-Vocational Subject. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6 (6): 369-375.

Smith, N. 2010. History Teacher's Handbook. London: CPI Antony Rowe.

Suharso. 2017. Pembelajaran sejarah lokal pada kelas sejarah (model pengembangan bahan ajar sejarah lokal Kota Kudus dalam rangka meningkatkan minat siswa pada sejarah. Jurnal Sejarah dan Budaya, 11 (1): 199-211.

Thiagaran, SS 1974. Instructional Development For Training Teachers of Exceptional Children: A sourcebook. Bloomington: Indiana University.

Thitivesa, D. 2014. The Academic Achievement of Writing Via Project-Based Learning. International Journal Of Economics and Management Engineering, 8(9): 2994-2997.

Thompson, P. 2012. Suara Dari Masa Silam, Teori dan Metode Sejarah Lisan. Yogyakarta: Ombak.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v3i3.202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar