Kajian Pendekatan Analogi dalam Pembelajaran Biologi yang Bermakna

Yuningsih Yuningsih, Mohamad Joko Susilo

Abstract


Pembelajaran bermakna perlu diimplementasikan oleh setiap pendidik pada setiap materi pembelajaran, terlebih materi pembelajaran yang abstrak. Salah satu inovasinya menggunakan pendekatan analogi. Kajian ini bertujuan untuk menguraikan kekuatan analogi sebagai pendekatan untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna. Berdasarkan hasil kajian dapat disimpulkan bahwa pendekatan analogi merupakan  proses penalaran yang membandingkan dua buah obyek yang memiliki kesamaan untuk menghasilkan pengetahuan baru berdasarkan pengetahuan yang telah dimiliki peserta didik. Kekuatan analogi tidak terbatas untuk materi berupa konsep saja, melainkan jenis materi proses maupun struktur. Lebih dari itu, penggunaan analogi dalam pembelajaran menyebabkan peserta didik sulit melupakan konsep yang sudah terpatri di otak mereka.

Keywords


pendekatan; analogi; pembelajaran; biologi; bermakna

References


Asay, L. J. (2013). The importance of explicitly mapping instructional analogies in science education. University of Nevada, Las Vegas.

Aziri, S. S. M., & Ahmad, C. N. C. (2014). Penggunaan modul pembelajaran dan pengajaran berasaskan analogi terhadap pencapaian pelajar bagi topik enzim dalam biologi tingkatan 4. Jurnal Pendidikan Sains & Matematik Malaysia, 4(2), 91–103.

Campbell, N. A., Reece, J. B., Urry, L. A., Cain, M. L., Wasserman, S. A., & Jackson, R. B. (2008). Biology (8th ed.). San Francisco: Pearson Benjamin Cummings.

Dikmenli, M. (2015). A study on analogies used in new ninth grade biology textbook. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 16(1), 1–20.

Duit, R. (1991). On the role of analogies and metaphors in learning science. Science Education, 75(6), 649–672. https://doi.org/10.1002/sce.3730750606

Glynn, S. M. (1994). Teaching science with analogy: A strategy for teacher and textbook authors. USA.

Glynn, S. M. (1995). Conceptual bridges: Using analogies to explain scientific concepts. The Science Teacher, 62(9), 25–27.

Glynn, S. M. (2008). Making science concepts meaningful to students: Teaching with analogies. In Four Decades of Research in Science Education: From Curriculum Development to Quality Improvement (pp. 113–125).

Glynn, S. M., & Takahashi, T. (1998). Learning from analogy-enhanced science text. Journal of Research in Science Teaching, 35(10), 1129–1149. https://doi.org/10.1002/(SICI)1098-2736(199812)35:10<1129::AID-TEA5>3.0.CO;2-2

Hadi, S. (2017). Story-telling: Upaya meningkatkan daya simak dalam keterampilan menyimak interaktif berbahasa. Brilliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(2), 163–177. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i2.42

Hajar, I., & Budi, L. G. P. A. (2014). Penerapan strategi belajar analogi dalam model pembelajaran langsung pada standar kompetensi menerapkan dasar-dasar teknik digital di SMK Negeri 5 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(3), 31–37.

Harrison, A. G., & Coll, R. K. (2013). Analogi dalam kelas sains: Panduan FAR cara menarik untuk mengajar dengan menggunakan analogi. (Tim Indeks, Ed.). Jakarta: PT Indeks.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia (3rd ed.). Jakarta: Balai Pustaka.

Mayo, J., & College, G. (2006). Reflective pedagogy through analogy. Southeastern Journal of Psychology, 1–6.

National Education Association. (2012). Preparing 21st century students for a global society: An educator’s guide to the ”four cs”. Retrieved June 1, 2017, from http://www.nea.org/assets/docs/A-Guide-to-Four-Cs.pdf

Novak, J. D., Gowin, B. D., & Kahl, J. B. (1984). Learning how to learn. New York: Cmbridge University Press.

Salih, M. (2010). Developing thinking skills in Malaysian science students via an analogical task. Journal of Science and Mathematics Education in …, 33(1), 110–128. Retrieved from http://www.recsam.edu.my/R&D_Journals/YEAR2010/june2010vol1/mariah(110-128).pdf

Samara, N. A. H. (2016). Effectiveness of analogy instructional strategy on undergraduate student’s acquisition of organic chemistry concepts in Mutah University, Jordan. Journal of Education and Practice, 7(8), 70–74. Retrieved from http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eric&AN=EJ1095360&site=ehost-live

Seipelt-thiemann, R. L. (2012). Analogies for Teaching Mutant Allele Dominance Concepts, 3(October), 884–889. https://doi.org/10.4236/ce.2012.326133

Subali, B., Paidi, & Mariyam, S. (2015). Pengembangan kreativitas: Keterampilan proses sains aspek kehidupan pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar beserta cara pengukuran keasliannya. (Rohali, Ed.). Yogyakarta: UNY Press.

Suratsih. (2010). Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis potensi lokal dalam kerangka implementasi ktsp sma di Yogyakarta. Yogyakarta.

Thiele, R. B., & Treagust, D. F. (1992). Analogies in senior high school chemistry textbooks: A critical analysis. In ICASE Research Conference in Chemistry and Physics Education. Dortmund, Germany.

Treagust, D. F., Horrison, A. G., & Vencille, G. (1998). Teaching science effectively with analogies: An approach for pre-service and in-service teacher education. Journal of Science Teacher Education, 9, 85–101.

Vendetti, M. S., Matlen, B. J., Richland, L. E., & Bunge, S. A. (2015). Analogical reasoning in the classroom: Insights from cognitive science. International Mind, Brain, and Education Society and Wiley Periodicals, Inc, 9(2), 100–106.

Wichaidit, S., Dechsri, P., & Chaivisuthangkura, P. (2011). Using analogy and model to enhance conceptual change in Thai middle school students. US-China Education Review, 8(3), 333–338.

Yuningsih. (2017a). Analogipedia. Yogyakarta: Pintarstudio. Retrieved from https://play.google.com/store/apps/details?id=com.pintarstudio.analogipedia

Yuningsih. (2017b). Pengembangan modul pbl berbasis android menggunakan pendekatan analogi untuk meningkatkan kreativitas berdasarkan pola berpikir divergen siswa sma. Universitas Negeri Yogyakarta. Retrieved from eprints.uny.ac.id/53412

Zeitoun, H. H. (1984). Teaching scientific analogies: A proposed model. Journal Research in Science & Technological Education, 2(2), 107–125. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/0263514840020203




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v3i3.188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar