Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris pada Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris melalui Metode Demonstrasi
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v3i3.185Keywords:
metode, demonstrasi, kosakata,Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi kosakata mahasiswa dengan menggunakan metode demonstrasi. Dengan penggunaan metode ini diharapkan kelemahan kosa kata Bahasa Inggris dapat teratasi sehingga prestasi penguasaan kosa kata tersebut dapat meningkat. Metode demonstrasi pada penelitian ini menggunakan materi prosedur sesuai dengan tingkat pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Vocabulary untuk mahasiswa semester empat, Program Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Nganjuk. Jumlah total mahasiswa adalah 21 mahasiswa. Peningkatan prestasi kosa kata mahasiswa tersebut dapat diketahui dengan analisis pada penelitian ini menggunakan metode “t-testâ€: to= (M_1-M_2)/SE_(M1-M2 ) . Hasil analisis data komputasi, nilai “t†menunjukkan peningkatan hasil penguasaan kosakata mahasiswa dengan menggunakan metode demonstrasi yakni 4,91 dan tabel “t†tingkat signifikan adalah 5%. Nilai kritik "t" dalam tingkat signifikan dari tabel 2,03 (> tt atau 4,91> 2,03,.References
Brown, H Douglas. 1994. Teaching by Principles and Interactive Approach to Language Pedagogy. New Jersey : Prentice – Hall. Inc.
Hatch, E & Brown. C. 1995. Vocabulary, Semantics and Language Education. New York : Cambridge University Press.
Hornby, A.S. 1986. Oxford Advantage’s Dictionary of Current English. Oxford University Press, New York.
Hornby, A.S. 1989. Oxford Advantage’s Learner Dictionary of Current English. Oxford University Press, London.
Kustaryo, S. 1988, Reading Techniques for College Students. Jakarta: Dekdikbut LPTK.
Roestiyah N.K (2001). Strategi Belajar Mengajar. Salah Satu Unsur Pelaksanaan Strategi Belajar dan Teknis Pengajian. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Downloads
Published
2018-08-13
Issue
Section
Education and Social Science