Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris pada Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris melalui Metode Demonstrasi

Authors

  • Rina Puji Utami STKIP PGRI Nganjuk

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v3i3.185

Keywords:

metode, demonstrasi, kosakata,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi kosakata mahasiswa dengan menggunakan metode demonstrasi. Dengan penggunaan metode ini diharapkan kelemahan kosa kata Bahasa Inggris dapat teratasi sehingga prestasi penguasaan kosa kata tersebut dapat meningkat. Metode demonstrasi pada penelitian ini menggunakan materi prosedur  sesuai dengan tingkat pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Vocabulary  untuk mahasiswa semester empat, Program Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Nganjuk. Jumlah total mahasiswa adalah 21 mahasiswa. Peningkatan prestasi kosa kata mahasiswa tersebut dapat diketahui dengan analisis pada penelitian ini menggunakan metode “t-testâ€: to= (M_1-M_2)/SE_(M1-M2 ) . Hasil analisis data komputasi, nilai “t†menunjukkan peningkatan hasil penguasaan kosakata mahasiswa dengan menggunakan metode demonstrasi yakni 4,91 dan tabel “t†tingkat signifikan adalah 5%. Nilai kritik "t" dalam tingkat signifikan dari tabel 2,03 (> tt atau 4,91> 2,03,.

Author Biography

Rina Puji Utami, STKIP PGRI Nganjuk

English Department, S1

References

Brown, H Douglas. 1994. Teaching by Principles and Interactive Approach to Language Pedagogy. New Jersey : Prentice – Hall. Inc.

Hatch, E & Brown. C. 1995. Vocabulary, Semantics and Language Education. New York : Cambridge University Press.

Hornby, A.S. 1986. Oxford Advantage’s Dictionary of Current English. Oxford University Press, New York.

Hornby, A.S. 1989. Oxford Advantage’s Learner Dictionary of Current English. Oxford University Press, London.

Kustaryo, S. 1988, Reading Techniques for College Students. Jakarta: Dekdikbut LPTK.

Roestiyah N.K (2001). Strategi Belajar Mengajar. Salah Satu Unsur Pelaksanaan Strategi Belajar dan Teknis Pengajian. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Published

2018-08-13

Issue

Section

Education and Social Science