Penerapan Media YouTube dalam Pembelajaran Menganalisis Berita Palsu pada Siswa SMP

Authors

  • Rasdawita Rasdawita Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi
  • Finta Haliza Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi
  • Rahmawati Rahmawati Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v9i4.1796

Keywords:

YouTube, Fake News, Media Application

Abstract

YouTube media can increase students' interest and motivation to learn, can foster an attentive attitude, creativity, as well as students' cognitive and psychomotor abilities to develop their reasoning from what they see and hear. This type of research is classroom action research with presentation of qualitative descriptive data and quantitative data. Qualitative data was obtained from observation sheets for each action implementation (learning process), and quantitative data was obtained from the final test of each cycle. Class VII students of SMP Negeri 10 Jambi City. Meanwhile, the subjects in this research were class VII students at SMP Negeri 10 Jambi City for the 2023/2024 academic year. Of the 28 students, there were 25 students who succeeded in analyzing the truth of 10 news stories presented via YouTube. It can be concluded that their analytical skills were quite good overall.

References

Afrizal. (2019). Metode penelitian kualitatif: Sebagai upaya mendukung penggunaan penelitian kualitatif dalam berbagai disiplin ilmu. Raja Grafindo.

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada pendidikan di Indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Akbar, J. S., Dharmayanti, P. A., Nurhidayah, V. A., Lubis, S. I. S., Saputra, R., Sandy, W., Maulidiana, S., Setyaningrum, V., Lestari, L. P. S., Ningrum, W. W., Astuti, N. M., Nelly, Ilyas, F. S., Ramli, A., Kurniati, Y., & Yuliastuti, C. (2023). Model & metode pembelajaran inovatif: Teori dan panduan praktis (E. & Sepriano (ed.)). Sonpedia Publishing Indonesia.

Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel belajar: Kompilasi konsep (M. Fadhli (ed.)). CV Pusdikra Mitra Jaya.

Andriani, S. (2016). Pengaruh motivasi belajar dan penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Mayangan 6 Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), 10(1), 1858–4985.

Astuti, D. A. P., & Hardini, A. T. A. (2021). Upaya meningkatkan hasil belajar dengan Model Discovery Learning berbantuan Powerpoint secara daring kelas V SD. Jurnal Education and Development, 9(2), 96–100.

Badriah, S. (2024). Pengaruh game edukasi berbasis Wordwall terhadap perkembangan kognitif anak. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Balaman, S. (2021). Investigating the relationship between the perception of self-efficacy and the use of self-regulated learning strategies in the English writing skill. RumeliDE Dil ve Edebiyat Araştırmaları Dergisi, 23, 768–796. https://doi.org/ 10.29000/rumelide.949696

Blinkoff, E., Nesbitt, K. T., Golinkoff, R. M., & Hirsh-Pasek, K. (2023). Investigating the contributions of active, playful learning to student interest and educational outcomes. Acta Psychologica, 238, 103983. https://doi.org/10.1016/j.actpsy.2023. 103983

Cahayani, N., Hakin, R., & Sandra, Y. (2017). Penggunaan media pembelajaran video Youtube untuk meningkatkan minat dan hasil belajar menggambar ilustrasi siswa di kelas VIIIE SMP Negeri 1 Padang. Serupa: The Journal of Art Education, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.24036/sr.v6i1.8329

Daniyati, A., Saputri, I. B., Wijaya, R., Septiyani, S. A., & Setiawan, U. (2023). Konsep dasar media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993

Halim, S. N. H., & Rahma. (2020). Pengaruh lingkungan belajar, motivasi belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMAN 9 Pangkep. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 2(2), 102–109. https://doi.org/10.29303/jm.v2i2.1777

Hapsari, R., Prasetyo, A. K., & Setiani, K. E. (2023). Implementasi Model Discovery Learning berbantu media Wordwall untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis. Jurnal Pena Edukasi, 10(2), 63. https://doi.org/10.54314/jpe.v10i2.1425

Juhairiah. (2023). Meningkatkan kemampuan guru dalam menetapkan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) melalui workshop intern sekolah di SDN Karang Bayat 01 Sumber Baru. Jurnal Simki Postgraduate, 2(3), 190–200. https://doi.org/10.29407/jspg.v2i3.397

Kemendikbud. (2020). Rencana strategis kementrian pendidikan dan kebudayaan 2020-2024. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://dikti.kemdikbud.go.id/

Kustandi, C., & Dermawan, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran. Kencana.

Lebu, H., Wardiah, D., & Indasari, M. (2020). Analisis kemampuan menulis pantun siswa kelas V SD. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(2). https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2934

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/ 10.52022/jikm.v12i3.102

Nurhasana, I. (2021). Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran Bahasa Arab. Al-Fikru: Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(2), 217–229. https://doi.org/10.55210/al-fikru.v2i2.573

Oktaviani, D., Nulhakim, L. ., & Alamsyah, T. (2020). Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash pada kelas IV. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 527–540.

Palupi, I. D. R., & Rahayu, T. S. (2021). Efektivitas model pembelajaran Group Investigation (GI) dan Teams Games Tournament (TGT) ditinjau dari kemampuan berpikir kritis matematika. Thinking Skills and Creativity Journal, 4(1), 10–20. https://doi.org/10.23887/tscj.v4i1.33451

Peel, K. L. (2020). Everyday classroom teaching practices for self-regulated learning. Issues in Educational Research, 30(1), 260–282.

Putri, R. M. R., Sudarno, & Octoria, D. (2024). Pengaruh model Problem Based Learning dan Discovery Learning dengan media Wordwall terhadap keterampilan berpikir kritis (Studi eksperimen pada siswa kelas XI SMA Negeri 7 Surakarta Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial tahun ajaran 2023/2024). Journal on Education, 6(2), 12302–12313. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.5075

Qonita, A. G., & Handayani, S. L. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning berbantuan Wordwall terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi gaya gravitasi pada kelas IV SDN Ciracas 10 pagi. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 9(3), 867. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i3.1445

Rahim, R. A., & Rahim, A. (2020). Penggunaan media video Youtube “Demi Raga yang Lain” dalam meningkatkan hasil pembelajaran daring puisi siswa kelas X SMA Insan Cendekia Syech Yusuf Kabupaten Gowa. Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 22–28. https://doi.org/10.46918/ idiomatik.v3i1.644

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Rohman, A., Putranta, H., & Sidik, F. (2023). Does the implementation of school zoning policies equalize the quality of education? Case study at the junior high school level. TEM Journal, 4, 2593–2602. https://doi.org/10.18421/TEM124-71

Rouf, M., Said, A., & Riyadi, D. E. (2020). Pengembangan kurikulum sekolah: Konsep, model, dan implementasi. Al-Ibrah, 5(2), 23–41.

Setiani, & Miranti, T. (2021). Dampak manajemen diri terhadap prestasi belajar dengan motivasi diri sebagai variabel intervening. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 290. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i2.22442

Sholehuddin, & Wardani, R. K. (2023). Pengaruh lingkungan sekolah dan manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Holistika, 5(1), 11. https://doi.org/ 10.24853/holistika.5.1.11-16

Sholiha, T. A., Kurniati, N., Tyaningsih, R. Y., & Prayitno, S. (2022). Pengaruh Self-Regulated Learning (SRL) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMAN 1 Masbagik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1355–1362. https://doi.org/ 10.29303/jipp.v7i3.745

Silahuddin, A. (2022). Pengenalan klasifikasi, karakteristik, dan fungsi media pembelajaran MA Al-Huda Karang Melati. Jurnal Prodi MPI Idaarotul Ulum, 4, 162–175.

Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas pembelajaran statistika pendidikan menggunakan uji peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.8

Published

2024-11-30

Issue

Section

Education and Social Science