Studi Komparasi Model PBL dan PBL Hybrid berbasis STEAM terhadap Pemahaman Konsep Dasar-Dasar Listrik siswa SMK Teknik Pembangkit Tenaga Listrik
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v9i4.1770Keywords:
PBL, Hybrid PBL, Concept UnderstandingAbstract
Comprehension of concepts plays a crucial role in the learning journey. The utilization of various learning models can influence students' grasp of these concepts. (1) It has been found that there is a correlation between student participation rates and concept understanding when using two different learning models, (2) it has been found that when using a Problem Based H learning model, classes with high and low activity levels showed the most significant difference in understanding concepts. The study involved students of the TPTL expertise program at Brantas Karangkates SMK. This is a real experimental research. The study sample consists of two groups. In this research, the data underwent analysis through descriptive methods, preliminary tests, and hypothesis testing utilizing SPSS statistical software. Findings indicated that the hybrid STEAM-based PBL learning model, the STEAM-based learning model, and the conventional STEAM learning model demonstrated varying levels of concept comprehension across highly active and moderately low active classes.
References
Abdi, M. U., Mustafa, M., & Pada*, A. U. T. (2021). Penerapan Pendekatan STEM Berbasis Simulasi PhET Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(3), 209–218. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i3.21774
Afridiani, T., Soro, S., & Faradillah, A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Euclid, 7(1), 12. https://doi.org/10.33603/e.v7i1.2532
Anggraeni, R. A., & Wulandari, M. A. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Mengukur Pemahaman Konsep Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar pada Materi IPA Tema 6 Merawat Hewan dan Tumbuhan. Journal of Elementary Education, 05(01), 157–161.
Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya, 12(1), 61–69. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69
Fitaloka, R. D., Netriwati, N., & Fadila, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Metakognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep Matematis. Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME), 5(2), 74–89. https://doi.org/10.36269/hjrme.v5i2.847
Fitria, R. N., Darmadi, D., Pertiwi, W., Wardani, M. P., Wulandari, Y., & Aysah, E. I. N. (2020). Tingkat Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan E-Learning dan Platform Daring. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 3(2), 306–314. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1318
Giawa, L., Gee, E., & Harefa, D. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Bentuk Pangkat dan Akar di Kelas XI Smanegeri 1 Ulususua Tahun Pembelajaran 2021/2022. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 14.
Halim, A., Suriana, S., & Mursal, M. (2017). Dampak Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Ditinjau dari Gaya Berpikir Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.21009/1.03101
Harta, I., Tenggara, S., & Kartasura, P. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP, 9(2), 161–174. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9077
Hidayat, M. Y., Rikha, S., & Maulida, H. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP Application of The Problem Based Learning ( PBI ) Model To Improve Concept Understanding. 2(1), 25–26.
Khoirudin, R., Sunarto, S., & Sunarso, A. (2022). Pengembangan Modul dalam PBL untuk meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPS dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4442–4450. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2770
Khusnawan. (2018). Interaksi keaktifan dan penerapan model pembelajaran CBL dibandingkan model pembelajaran TGT pengaruhnya terhadap hasil belajar dasar listrik dan elektronika pada siswa kelas X di SMK Negeri 1 Kediri [Universitas Negeri Malang]. repository.um.ac.id
Lisma, L., Kurniawan, Y., & Sulistri, E. (2017). Penerapan Model Learning Cycle (LC) 7E Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Aspek Menafsirkan dan Menyimpulkan Materi Kalor Kelas X SMA. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 2(2), 35. https://doi.org/10.26737/jipf.v2i2.228
MANALU, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Ilmu simantek, 6(2), 1–5.
Melinda, V., & Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar ( Studi Literatur ). Jurnal pendidikan tambusai, 4, 1526–1539.
Mulyono, B., & Hapizah, H. (2018). Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 103–122. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol3no2.2018pp103-122
Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.323
Pebriani, Y. (2022). Problem Based Learning dengan Metode Gallery Walk untuk Mengatasi Rendahnya Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Postulat: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(2), 130–140.
Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Rahayu, R. D. (2020). Tingkat Pemahaman Konsep Dasar Kelistrikan Pada Mahasiswa Teknik Elektro Menggunakan Metode Certain of Response Index. Simetris, 14(1), 48–51. https://www.sttrcepu.ac.id/jurnal/index.php/simetris/article/view/122%0Ahttps://www.sttrcepu.ac.id/jurnal/index.php/simetris/article/download/122/82
Safilda, F. N., Anggoro, B. S., Putra, R. W. Y., Ahmad Sodiq, & Nurhasanah Leni. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Berdasarkan Model Scramble Berbasis STEAM dan Gaya Belajar. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 98–107. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i2.1364
Saihu, A. (2022). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model PBL Dengan Pendekatan Steam. Global Journal Science IPA, 1(1), 19–3. https://sainsglobal.com/jurnal/index.php/jpi/.
Silalahi, R. A., Siahaan, T. M., & Tambunan, L. O. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA Swasta Kampus Nommensen Pematangsiantar. Journal on Education, 5(4), 14264–14275. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2453
Simanjuntak, R. F., Tambunan, L. O., & Sauduran, G. N. (2022). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMP negeri 2 tapian dolok. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4, 6802–6810.
Sukma Agustina Dwi Hapsari, Karimah, S., & Mardhiyana, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Round Table Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2021, 1(1), 213–220. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/article/view/730
Suwandi, A. M., & Prismana, E. (2021). Pengembangan Hybrid Based Learning Menggunakan Learning Management System Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal IT-Edu, 06(02), 23–31.
Syuhada, K., Suyono, S., & Wiraningsih, E. D. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Self Esteem Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Peserta Didik Di Smp Negeri Kota Bima. Jurnal Tarbiyah, 29(1), 27. https://doi.org/10.30829/tar.v29i1.1272
Tarumasely, Y. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Pemahaman Konsep Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Self Regulated Learning. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(1), 54–65. https://doi.org/10.47668/pkwu.v8i1.67
Tyas, R. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Tecnoscienza, 2(1), 43–52.
Wahyuni, A. S. (2021). Penerapan Model Hybrid Learning. Indonesian Journal of Educational Development, 2(November 2021), 292–297. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681376
Widodo. (2020). Perbedaan Pemahaman Konsep Dasar Listrik Dan Elektronika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadu Strategi Konflik Kognitif Dibandingkan Dengan Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Beji Kabupaten Pasuruan [Universitas Negeri Malang]. repository.um.ac.id
Yusuf, M., ‘Ardhuha, J., & Hikmawati, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 250–258. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.457
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.