Penerapan Inquiry Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Tulungrejo Tulungagung

Authors

  • Tutik Rahayu SDN 2 Tulungrejo, Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.172

Keywords:

hasil belajar, matematika, inquiry based learning

Abstract

Agar dapat meningkatkan Hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang Operasi pecahan desimal serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Inquiry Based Learning untuk meningkatkan Hasil belajar siswa pada materi Operasi pecahan desimal siswa Kelas VI SD Negeri 2 Tulungrejo Kecamatan Karangrejo Tulungagung mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Hasil belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 66,7% dan pada siklus II 90,0%.

References

Dimyati., & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Hudoyo, H., 1988. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: DepDikbud.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Published

2018-05-12

Issue

Section

Education and Social Science