Penerapan Teori Konstruktivisme untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Punjul Tulungagung

Authors

  • Sularmi Sularmi SDN 1 Punjul, Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.171

Keywords:

prestasi belajar, pkn, konstruktivisme

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas VI pada waktu pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan diperoleh hasil bahwa Prestasi belajar siswa kurang memuaskan. Untuk itu agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang Nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Teori Konstruktivisme. penerapan pembelajaran Nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila melalui Teori Konstruktivisme dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Prestasi belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 66,7% dan pada siklus II 90,5%.

References

Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Ruminiati. 2008. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Sudjana, N. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru.

Tim ICCE. 2005. Pendidikan Kewargaan: Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Madani. Jakarta: Prenada Media.

Winataputra, U.S. 1995. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rosda Karya.

Published

2018-05-12

Issue

Section

Education and Social Science