Penerapan Teori Konstruktivisme untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Punjul Tulungagung

Sularmi Sularmi

Abstract


Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas VI pada waktu pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan diperoleh hasil bahwa Prestasi belajar siswa kurang memuaskan. Untuk itu agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang Nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Teori Konstruktivisme. penerapan pembelajaran Nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila melalui Teori Konstruktivisme dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Prestasi belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 66,7% dan pada siklus II 90,5%.

Keywords


prestasi belajar, pkn, konstruktivisme

References


Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Ruminiati. 2008. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Sudjana, N. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru.

Tim ICCE. 2005. Pendidikan Kewargaan: Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Madani. Jakarta: Prenada Media.

Winataputra, U.S. 1995. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v3i2.171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar