enggunaan Media Animasi P-V Diagram Terhadap Hasil Belajar Siklus Tenaga Gas Mahasiswa Teknik Mesin

Yeni Ratih Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya peningkatan hasil belajar pada matakuliah termodinamika melalui media animasi diagram PV pada materi siklus tenaga gas pada mahasiswa semester 3 tahun ajaran 2017/2018 di Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil perolehan nilai rata-rata prasiklus penelitian adalah 63,66 dengan tingkat ketuntasan 20%. Kemudian siklus 1 nilai rata-ratanya adalah 70,7 dengan tingkat ketuntasan 53%, dan pada siklus 2 nilai rata-ratanya adalah 76,5 dengan tingkat ketuntasan 90%. Rata-rata nilai dari pra siklus, siklus I, dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan, yang berarti ada peningkatan hasil belajar.

Keywords


siklus tenaga gas, media animasi, P-V diagram

References


Arsyad, A. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Asyhar, R. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Basuki. 2009. Desain Pembelajaran Berbasis Penelitian tindakan Kelas. Ponorogo : STAIN Ponorogo Press.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Dinata, Y.N. 2013. Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Tutorial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Seyegan Pada Mata Pelajaran Menggambar dengan Autocad. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Munadi, Y. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi

Ruseffendi, E.T. 1990. Pengajaran Matematika Modern. Bandung : Tarsito.

Sanjaya, W. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencana Predana Media Group.

Sugiyono. 2006. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Sukirman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Suranto. 2006. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas.Insan Cendekia.

Uno, H.B. 2007. Teori Motivasi dan Pengukuran: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wiriaatmadja, R. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v3i2.160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar