enggunaan Media Animasi P-V Diagram Terhadap Hasil Belajar Siklus Tenaga Gas Mahasiswa Teknik Mesin

Authors

  • Yeni Ratih Pratiwi Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.160

Keywords:

siklus tenaga gas, media animasi, P-V diagram

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya peningkatan hasil belajar pada matakuliah termodinamika melalui media animasi diagram PV pada materi siklus tenaga gas pada mahasiswa semester 3 tahun ajaran 2017/2018 di Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil perolehan nilai rata-rata prasiklus penelitian adalah 63,66 dengan tingkat ketuntasan 20%. Kemudian siklus 1 nilai rata-ratanya adalah 70,7 dengan tingkat ketuntasan 53%, dan pada siklus 2 nilai rata-ratanya adalah 76,5 dengan tingkat ketuntasan 90%. Rata-rata nilai dari pra siklus, siklus I, dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan, yang berarti ada peningkatan hasil belajar.

References

Arsyad, A. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Asyhar, R. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Basuki. 2009. Desain Pembelajaran Berbasis Penelitian tindakan Kelas. Ponorogo : STAIN Ponorogo Press.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Dinata, Y.N. 2013. Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Tutorial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Seyegan Pada Mata Pelajaran Menggambar dengan Autocad. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Munadi, Y. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi

Ruseffendi, E.T. 1990. Pengajaran Matematika Modern. Bandung : Tarsito.

Sanjaya, W. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencana Predana Media Group.

Sugiyono. 2006. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Sukirman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Suranto. 2006. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas.Insan Cendekia.

Uno, H.B. 2007. Teori Motivasi dan Pengukuran: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wiriaatmadja, R. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Published

2018-05-12

Issue

Section

Education and Social Science