Penerapan Teori Konstruktivisme untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Nilai Kebersamaan dalam Merumuskan Pancasila Pada Siswa Kelas IV SDN 4 Sumberagung

Eko Supriadi

Abstract


Berdasarkan hasil observasi diketahui prestasi belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 21 siswa hanya 7 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau ≥ 70, sedangkan 14 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Untuk itu agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang Nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Teori Konstruktivisme. Penerapan pembelajaran Nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila melalui Teori Konstruktivisme dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa Kelas VI  SD Negeri 4 Sumberagung Tulungagung dan dapat mempermudah siswa dalam menyelesaikan persoalan Nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila.

Keywords


konstruktivisme, prestasi belajar, nilai kebersamaan , pancasila

References


Ruminiati. 2008. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Nasution. 1996. Azas-azas Mengajar. Bandung: Tarsito.

Soemantri, M. 2001 Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tim ICCE. 2005. Pendidikan Kewargaan: Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Madani. Jakarta: Prenada Media.

Winataputra, US. 1995. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v3i1.147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.