Penerapan Metode Think Pair Share untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Peran Serta dalam Pemilihan Organisasi di Sekolah pada Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v3i1.143Keywords:
think pair share, prestasi belajar, peran serta dalam organisasi,Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas VA pada waktu pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan diperoleh hasil bahwa Prestasi belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 24 siswa hanya 10 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau ≥ 70, sedangkan 14 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Hal ini disebabkan karena guru kurang memberikan penekanan materi yang jelas tentang Peran serta dalam pemilihan organisasi di sekolah. Untuk itu agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang Peran serta dalam pemilihan organisasi di sekolah serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Metode Think Pair Share. Penerapan pembelajaran Peran serta dalam pemilihan organisasi di sekolah melalui Metode Think Pair Share dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa Kelas VA SD Negeri 2 Banyuurip Kalidawir TulungagungReferences
Branson, M.S. 1997. The Role of Civic Education. Calabasas: CCE.
Buchori M. 1997. Psikologi Pendidikan 3. Bandung: Jeanmars.
Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa Press
Lie, Anita. 2002. Cooperatif Learning. Jakarta: PT. Gramedia Widisarana Indonesia.
Sudjana, N. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjana, N., & Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru.
Oemar Hamalik. 1999. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Winataputra, U.S. & Budimansyah. 2007. Civic Education, Konteks, Landasan, Bahan Ajar dan Kultur Kelas. Bandung: UPI.
Downloads
Published
2018-02-11
Issue
Section
Education and Social Science




