Penerapan Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Barisan dan Deret Bilangan Pada Siswa Kelas IX E SMPN 1 Kalidawir

Authors

  • Prayitno Prayitno SMPN 1 Kalidawir, Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v3i1.140

Keywords:

problem based learning, hasil belajar, barisan dan deret bilangan,

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas IX E pada waktu pembelajaran Matematika diperoleh hasil bahwa Hasil belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 32 siswa hanya 13 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau ≥ 70, sedangkan 19 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Hal ini disebabkan karena guru kurang memberikan penekanan materi yang jelas tentang Barisan dan Deret Bilangan tersebut. Untuk itu agar dapat meningkatkan Hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang Barisan dan Deret Bilangan serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Metode Problem Based Learning. Penerapan pembelajaran Barisan dan Deret Bilangan melalui Metode Problem Based Learning dapat meningkatkan Hasil belajar siswa Kelas IX E  SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung dan dapat mempermudah siswa dalam menyelesaikan persoalan Barisan dan Deret Bilangan.

References

Hudoyo, H. 1988. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta : Depdikbud.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Soenarjo. 2008. Matematika 5. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sudjana. 2005. Metode & Teknik Pembelajaran Partis Matematikatif. Bandung: Falah Production.

Surjadi. 1989. Membuat Siswa Aktif. Bandung: Bandar Maju.

Tritanto, 2007. Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Published

2018-02-11

Issue

Section

Education and Social Science