Analisisi Kesalahan Mahasiswa Matematika Unu Blitar Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Fungsi Berdasarkan Kriteria Watson

Authors

  • Ardhi Sanwidi Universitas Nahdlatu Ulama Blitar

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v3i1.138

Keywords:

analisis kesalahan, materi fungsi, kriteria watson

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan apa saja yang dilakukan mahasiswa matematika UNU Blitar dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi fungsi berdasarkan kriteria Watson. Kriteria kesalahan yang dilakukan mahasiswa adalah kesalahan data hilang dan kesalahan manipulasi tidak langsung. Mahasiswa mendapatkan jawaban tanpa didasari alasan atau menggunakan cara yang tidak logis menyelesaikan masalah. Selain itu mahasiswa juga kurang teliti dan kurang memahami soal sehingga subjek tidak mendapatkan data atau informasi yang terdapat dalam soal.

References

Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Aqilah. 2012. Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Pembuktian Identitas Trigonometri Kelas X.1 SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. [Online]. Tersedia: http://library.walisongo.ac.id/digilib/files/disk1/141/jtptiain--aqiilah083-7004-1-skripsih.pdf [10 Nopember 2017]

http://www.kopertis12.or.id/2013/04/28/kurikulum-nasional-berbasis-kompetensi-mengacu-pada-kkni.html, diakses 10 November 2017

Huberman, dkk. 2014. Qualitative Data Analysis. Third Edition Copyright © 2014 SAGE Publications, Inc

Sari, L.A. (2013). Diagnosis Kesalahan Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Menyelesaikan Masalah Faktorisasi Bentuk Aljabar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 9 November 2013. [Online]. Tersedia: http://eprints.uny.ac.id/10774/1/P%20-%2051.pdf [11 Nopember 2017]

Watson, J. 2006. Pro Oracle Collaboration Suite. Springer – Verlag

Published

2018-02-11

Issue

Section

Education and Social Science