Pengembangan Bahan Ajar Teks Anekdot Untuk Sekolah Menengah Kejuruan Kelas X

Sri Utami

Abstract


Bahan ajar secara garis besar terdiri atas pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dipelajari peserta didik untuk mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan. Bahan ajar yang dikembangkan berupa bahan cetak yang memuat makna tersirat berupa sindiran atau kritik dalam anekdot. Tujuan utama teks anekdot adalah untuk menyampaikan kritik atau sindiran dalam bentuk cerita yang lucu. Adapun tujuan khusus penelitian ini menghasilkan produk bahan ajar cetak pembelajaran teks anekdot berupa buku ajar yang berisi pengantar, kegiatan inti, dan refleksidan mendeskripsikan kelayakan yang meliputi tingkat validitas, kepraktisan, kemenarikan, dan efektivitas produk bahan ajar teks anekdot untuk SMK kelas X.

Keywords


bahan ajar, makna tersirat, teks anekdot

References


Amri, S & Lif, K. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran.Jakarta: Prestasi Pustaka.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Analisis Penerapan Model Pembelajaran. Modul Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan: 3-25.

Muslich, M. 2010. Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman Pemakaian BukuTeks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Pannen, P., & Purwanto. 2001. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: PAU-PPAI Universitas Terbuka.

Suherli. 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v3i1.136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar