Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas IX SMPN 1 Kalidawir

Eny Djauharatun Nisak

Abstract


Hasil observasi yang dilakukan di Kelas IX A pada waktu pembelajaran Pendidikan Kewaarganegaraan diperoleh hasil belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 34 siswa hanya 8 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau 70, sedangkan 26 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau 69. Untuk itu, dilakukan penelitian ini dengan menerapkan metode mind mapping guna menyelesaikan masalah tersebut. penelitian ini merupakan suatu penelitian tindakan kelas dengan subyek siswa kelas IX A SMPN 1 Kalidawir. Adapun materi yang dipilh adalah Peran Indonesia dalam Hubungaan Internasional Dalam Era Globalisasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan Hasil belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 52,9% dan pada siklus II 88,2%.

Keywords


mind mapping, hasil belajar, pkn,

References


Buzan, Tony. 2009. Buku Pintar Mind Maps. Jakarta: Gramedia.

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri, 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Pemendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Kementerian Pendidikan Nasional RI.

Ruminiati. 2008. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tim ICCE. 2005. Pendidikan Kewarganegaraan: Demokrasi, Hak Assasi Manusia dan Masyarakat Madani. Jakarta: Prenada Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v3i1.131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.