PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI KAIDAH FUNDAMENTAL BANGSAKU DENGAN TEKNIK JIGSAW DI SMAN I GADING
Abstract
Tujuan penelitian yang ingin dicapai : (a) Pendeskripsian langkah-langkah dalam proses pembelajaran, (b) Menjelaskan peranan media gambar dalam membantu siswa dalam peningkatan kemampuan, (c) Menyempurnakan pelaksanaan pembelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua Siklus, setiap putaran terdiri empat tahap ; perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Data yang diperoleh berupa hasil tes dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar, dari hasil analisis didapatkan perestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II ; siklus I (51,5%) dan siklus II (85,5%). Kesimpulan dari penelitian dengan metode pembelajaran model Jigsaw dapat berpengaruh positif tehadap prestasi dan motivasi belajar siswa kelas X MIA-3 SMAN 1 Gading, sehingga model pembelajan ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PPKn
Keywords
hasil belajar, fundamental bangsaku, jigsaw
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v1i1.13
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Nahdlatul Ulama Blitar