PENINGKATAN HASIL BELAJAR PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING

Siti Warindiyah Hermiati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Quantum Learning pada materi pecahan dapat meningkatkan aktifitas belajar dan hasil belajar siswa.. Subyek penelitian sebanyak 25 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus meliputi empat langkah yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh, rata-rata nilai aktivitas siswa siklus I sebesar 10,24 dengan ketuntasan klasikal 64% dan meningkat pada siklus II sebesar 12,16 dengan ketuntasan klasikal 76%. Hasil belajar siswa yang tuntas siklus I sebanyak 14 siswa dengan ketuntasan klasikal 56% dan meningkat pada siklus II sebanyak 21 siswa ketuntasan klasikal 84%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Learning pada materi pecahan dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa dan hasil belajar matematika siswa.

Keywords


hasil belajar, pecahan, quantum learning



DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v1i1.12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar