Analisis Keefektifan Instagram Sebagai Platform E-Commerce Pada Mahasiswa di Kota Batam

Authors

  • Eryc Eryc Universitas International Batam
  • Dandhytya Andrea Puspa Universitas International Batam

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v7i4.1191

Keywords:

Word of Mouth, Kepercayaan Online, Niat Beli, Instagram

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan Instagram sebagai platform e-Commerce untuk pembelian produk fashion di kalangan mahasiswa di Batam. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed-method, dimana data penelitian kuantitatif dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada 380 mahasiswa di Batam yang aktif menggunakan Instagram. Sedangkan pada penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara kepada 30 informan yang merupakan mahasiswa di Batam yang aktif menggunakan Instagram. Data kuantitatif dianalisis dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas menggunakan software IBM SPSS Statistics 24, kemudian dilakukan pengujian hipotesis dengan teknik SEM menggunakan SmartPLS 3. Data kualitatif dianalisis dengan teknik kodifikasi data, kemudian data diubah ke dalam bentuk kuantitatif yang kemudian dianalisis seperti data kuantitatif. Hasil penelitian kuantitatif menunjukkan bahwa variabel e-WOM dan Online Trust berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli. Hasil penelitian kualitatif menunjukkan bahwa variabel e-WOM berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli, sedangkan variabel Online Trust tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli

 

References

Aji, P. M., Nadhila, V., & Sanny, L. (2020). Effect of social media marketing on Instagram towards purchase intention: Evidence from Indonesia’s ready-to-drink tea industry. International Journal of Data and Network Science, 91–104. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2020.3.002

Ari Sakti, T., Saepuloh, A., & Sukaris, S. (2020). The Effect of Perceived Risk, Consumer Lifestyle and Online Trust on The Purchase Intention of Fashion Products in Instagram Social Media. IRJ: Innovation Research Journal, 1(2), 2721–6675.

BPS Kota Batam. (2020). Jumlah Perguruan Tinggi, Mahasiswa, dan Tenaga Pendidik (Negeri dan Swasta) di Bawah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi di Kota Batam 2018-2020. Badan Pusat Statistik Kota Batam. https://batamkota.bps.go.id/indicator/28/332/1/jumlah-perguruan-tinggi-mahasiswa-dan-tenaga-pendidik-negeri-dan-swasta-di-bawah-kementerian-riset-teknologi-dan-pendidikan-tinggi-di-kota-batam.html

Dahono, Y. (2021). Data: Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia 2020-2021. Beritasatu.Com. https://www.beritasatu.com/news/733355/data-ini-media-sosial-paling-populer-di-indonesia-20202021

Dihni, V. A. (2021). Instagram, Media Sosial Favorit Generasi Z di Dunia. Katadata Media Network. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/14/instagram-media-sosial-favorit-generasi-z-di-dunia

Djafarova, E., & Bowes, T. (2021). ‘Instagram made Me buy it’: Generation Z impulse purchases in fashion industry. Journal of Retailing and Consumer Services, 59, 102345. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102345

Eryc, E. (2022a). Systematic Literature Review of Critical Success Factors in Online Advertising. JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING, 5(2), 551–561. https://doi.org/10.31289/jite.v5i2.6204

Eryc, E. (2022b). The Impact of Tik-Tok Use on Self-Expression by Generation-Z users. JISAMAR (Journal Of Information System, Applied, Management, Accounting And Research), 6(4), 921–927.

Eryc, E. (2022c). The Impact of Educational Content Toward Audience Perceptions on Instagram (Case Study @naturelovingeduhub). Jurnal Scientia, 11(02), 133–139.

Farid Wajdi, M., Mustiko Aji, H., & Suwarsono, S. (2020). Factors Affecting The Intention to Purchase Halal Cosmetics on Instagram: E-WOM and Brand Image. Asian Journal of Islamic Management (AJIM), 2, 1–11. https://doi.org/10.1108/AJIM.vol2.iss1.art1

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling. In Handbook of Market Research (pp. 1–40). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-05542-8_15-1

Hirzianto, S., Yuliati, L. N., & Kirbrandoko. (2019). The Effect of Electronic Word of Mouth on Online Trust and Purchase Intention Among Millennials Generation on Instagram. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 85(1), 490–496. https://doi.org/10.18551/rjoas.2019-01.60

Luthfiyatillah, L., Nur Millatina, A., Hamidah Mujahidah, S., &

Herianingrum, S. (2020). Efektifitas Media Instagram Dan E-WOM (Electronic Word Of Mouth) Terhadap Minat Beli Serta Keputusan Pembelian. In Jurnal Penelitian Ipteks (Vol. 5, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i1.3024

Pangkey, S., & Tielung, M. V. J. (2020). Analyzing The Impact of Celebgram Endorsement on Customer Purchase Intention of Woman Clothing of Instagram Users. Jurnal EMBA, 8(4), 855–864.

Pertiwi, H. F., & Rusfian, E. Z. (2021). Analisis Pengaruh Komunikasi E-WOM terhadap Brand Equity dan Purchase Intention pada Luxury Fashion Brand Banananina di Media Sosial Instagram. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(11). https://doi.org/10.36418/Syntax-Literate.v6i11.1737

Santiago, J. K., Magueta, D., & Dias Cataria. (2020). Consumer Attitudes Towards Fashion Influencers on Instagram: Impact of Perceptions and Online Trust on Purchase Intention. Issues In Information Systems, 21(1), 105–117. https://doi.org/10.48009/1_iis_2020_105-117

Sari, D. M. F. P., & Yulianti, N. M. D. R. (2019). Celebrity endorsement, electronic word of mouth and trust brand on buying habits. International Journal of Social Sciences and Humanities, 3(1), 82–90. https://doi.org/10.29332/ijssh.v3n1.261

Stillman, D., & Stillman, J. (2018). Generasi Z: Memahami Karakter Generasi Baru yang Akan Mengubah Dunia Kerja (L. Jusuf (ed.)). PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sulasih, L. I., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2022). Analisis Kesadaran Industri Fashion dalam Upaya Meningkatkan Sustainable Development Goals (SDGs) melalui Produksi dan Konsumsi Sustainable Fashion …. Youth & Islamic Economic, 03(02), 1–18. http://jurnalhamfara.ac.id/index.php/yie/article/view/145

Syahreza, M. F., & Tanjung, I. S. (2018). Motif dan Pola Penggunaan Media Sosial Instagram di Kalangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi UNIMED. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30596%2Finteraksi.v2i1.1788

Talitha, F., Yuliati, L. N., & Kirbrandoko. (2019). The Effect of Celebrity Endorsement Via Perceived Value to Purchase Intention on Instagram. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 85(1), 263–270. https://doi.org/10.18551/rjoas.2019-01.33

Wisneti, F. (2022). Tahun 2022, Instagram Fokus Pada Peningkatan 4 Fitur Prioritas. Makassar Terkini.Id. https://makassar.terkini.id/tahun-2022-instagram-fokus-pada-peningkatan-4-fitur-prioritas/

Yonaldi, S., Maria Defita, F., & Zulbahri, L. (2019). Analisis Pengaruh Trust, Perceived Of Use, dan Perceived Risk terhadap Minat Beli Online Shop Menggunakan Instagram di Kota Padang. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 10(2). https://doi.org/10.31317

Published

2022-11-22

Issue

Section

Education and Social Science