Pengaruh Penerapan Model Penemuan Terbimbing Berbantuan Power Point terhadap Hasil Belajar Materi Trigonometri Siswa Kelas X

Bayu Setiawan

Abstract


Permasalahan pembelajaran di kelas dapat diatasi dengan desain pembelajaran yang merangsang siswa untuk belajar mandiri, lebih aktif, dan kreatif sesuai dengan kenyamanan siswa dalam belajar dan dibantu dengan kemapuan teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya dan besar pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) berbantuan powerpoint terhadap hasil belajar matematika siswa materi trigonometri kelas X. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Hasil penelitian disimpulkan bahwa, ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) berbantuan powerpoint terhadap hasil belajar matematika materi trigonometri siswa kelas X MIA MAN Kota Blitar dengan kategori sedang yaitu 76%.

Keywords


Penemuan terbimbing, hasil belajar

References


Darmawan, Deni. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathani, Abdul Halim. 2012. Matematika Hakikat&Logika. Yogjakarta: Ar-rruz Media.

Illahi, Mohammad Takdir. 2012. Pembelajaran Discovery Strategy & Mental Vocational Skil. Jogjakarta: DIVA Press.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014/2015 Mata Pelajaran Matematika SMA/SMK. Jakarta: Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan.

Maunah, Binti. 2009. Landasan Pendidikan. Yogjakarta: Teras.

Pidarta, Made. 1997. Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pemebelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.

Tim penyusun. 2006. Al – Qur’an Al – Karim dan Terjemah Bahasa Indonesia. Kudus: Menara Kudus.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: CV Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i4.112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.