Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Organisasi melalui Model Numbered Head Together di Kelas V

Endah Tri Wahyuni

Abstract


Penelitian peningkatan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan melalui model Numbered Heads Together bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Numbered Heads Together dalam pendidikan kewarganegaraan dengan materi organisasi dan menggambarkan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Numbered Heads Together. Ini akan sangat berguna bagi siswa dan guru dalam belajar. Model Numbered Heads Together juga dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan (1) Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together pada pembelajaran PKn dilaksanakan guru dengan baik dan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran Numbered Heads Together, (2) siklus I, ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan sebesar 67% dengan kualifikasi cukup dan pada siklus II ketuntasan klasikal meningkat menjadi 92% dengan kualifikasi sangat baik.

Keywords


hasil belajar, pkn, numbered head together,

References


Absari, R. P. 2016. Skripsi: Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Koperasi Melalui Model Numbered Heads Together di Kelas IV SDN Sumberdiren 01 Kabupaten Blitar. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIP Universitas Negeri Malang.

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Komalasari, K. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Lie, A. 2005. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Grasindo.

Rahayu, S. 2006. Model Pembelajaran Numbered Heads Together, (Online), (http//pelawiselatan.wordpress.com/2006/03/numbered-heads-together-html), diakses pada 15 Januari 2016.

Sanjaya, W. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i4.111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.