Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Mengubah Soal Cerita menjadi Model Matematika pada Siswa Kelas VIII MTs Darussalam Kademangan Blitar

Faudjiah Nur Khaini

Abstract


Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis  siswa berkemampuan tinggi di kelas VIII MTs Darussalam Kademangan Blitar. (2) Mendeskripsikan  kemampuan komunikasi matematis  siswa berkemampuan sedang di kelas VIII MTs Darussalam Kademangan Blitar. (3) Mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis  siswa berkemampuan rendah di kelas VIII MTs Darussalam Kademangan Blitar. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan siswa mampu menggunakan variabel untuk memisalkan apa yang diketahui dalam soal cerita, siswa mampu mengubah bahasa matematika menjadi model matematika, dan siswa mampu merefleksikan bahasa matematika yang terdapat dalam soal cerita

Keywords


Pembelajaran, Komunikasi matematis, Soal cerita.

References


Ag, Moch. Masykur & Abdul Halim Fathani. 2008. Mathematical Intelligence: Cara Cerdas Melatih Otak dan Menanggulangi Kesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Agus, Nuniek Avianti. 2008. Mudah Belajar Matematika 2: untuk kelas VIII Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Agustyaningrum, Nina. 2011. Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX B SMP Negeri 2 Sleman, Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: UNY.

Anisa, Witri Nur. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematik Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Untuk Siswa SMP Negeri Di Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan dan Keguruan. 1(1).

E.S., Pesta. 2008. Matematika Aplikasi. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Effendy, Onong Uchjana. 2004. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Departemen Agama RI. tt. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Indonesia: PT. Syaamil Cipta Media.

Jurotun. 2015. Meningkatkan Komunikasi Matematis Peserta Didik melalui “Disco Lemper” Berbantuan Software Geogebra. Kreano. 6(1).

Lanani, Karman. 2013. Belajar Berkomunikasi dan Komunikasi untuk Belajar dalam Pembelajaran Matematika, Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(1).

Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Third Edition. SAGE Publication Asia-Pacific Pte. Ltd. Singapore.

Moleong, Lexy J. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muzayanah, Iim & Puji Nugraheni. Penerapan Pembelajaran The Power Of Two Untuk Meningkatkan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Yosmarniati, dkk. 2012. Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1).

Yunianto, Rosid & Jailani. 2014. Keefektifan CTL Menggunakan Model STAD dan GI Ditinjau dari Prestasi, Komunikasi, dan Sikap terhadap Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. 9(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i4.109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.