Pemahaman Konsep Materi Ajar, Kaidah Penulisan, dan Pengalaman Menulis Soal Terhadap Kemampuan Menulis Soal IPS

Authors

  • Nirmawati Manynyingarri Pasca Sarjana,Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rosleny Babo Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Agustan Syamsuddin Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v8i1.1071

Keywords:

Materi Ajar, Kaidah Penulisan Soal, Pengalaman Menulis Soal

Abstract

Membuat soal tentu bukan hal yang mudah. Selama ini masih banyak guru yang kurang terampil dalam membuat tes atau soal sesuai dengan kriteria. Hal ini disebabkan selama ini tidak semua guru dilibatkan dalam pembuatan soal terutama di sekolah dasar, tetapi dibuat secara terpusat pada tingkat kabupaten atau kecamatan, tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui  pemahaman konsep materi ajar, pemahaman kaidah penulisan dan  pengalaman menulis soal terhadap kualitas soal IPS, Penelitian ini menggunakan desain kolerasional, yaitu pengaruh antara variable bebas terhadap variable terikat. Penelitian yang dilakukan bermaksud untuk mengetahui pengaruh antar variabel, yakni berupa pemahaman konsep materi ajar guru, pemahaman kaidah penulisan soal, dan pengalaman menulis soal, terhadap kualitas soal guru. Populasi atau subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru Kelas tinggi (Kelas IV, V, VI) dalam Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa tahun pelajaran 2021/2022. Populasi tersebut berjumlah 153 orang dan sampel berjumlah 75 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling yakni pengambilan sampel secara acak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman materi ajar, pemahaman kaidah penulisan soal, pengalaman menulis soal memiliki pengaruh sangat besar terhadap kualitas soal IPS yang standarisasinya dapat memunjukkan pemahaman siswa pada mata pelajaran ini sebesar 91%.

References

Herman, H., Rahim, A. R., & Syamsuri, A. S. (2021). Analisis Instrumen Tes Hasil Belajar Berbasis Higher Order Thinking Skill (Hots). Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(3), 88–101. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i3.65

Kasiono, D. (2019). Peningkatan Kemampuan Menyusun Soal Dengan Metode Pendampingan Berpola SP3R Pada Guru SDN Sepanyul Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang Tahun 2018. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.26740/jdmp.v4n1.p33-41

Makmun, S. (2015). Teknik Penilain Kelas. In Aksara Press (Vol. 53). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Mardapi, M. (2014). Pengantar Penilaian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Munadi, S. (2015). Analisis Validasi Kualitas Soal Tes Hasil Belajar Pada Pelaksanaan Program Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.4197

Mustika, D., Ambiyar, A., & Aziz, I. (2021). Proses Penilaian Hasil Belajar Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1819

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Retrieved from Journal of Chemical Information and Modeling website: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21918515%0Ahttp://www.cabi.org/cabebooks/ebook/20083217094

Rena, H. H. S. (2020). PENERAPAN CLASS ROOM-BASED ASSESSMENT DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI. 12(1), 36–44. Retrieved from https://journal.unismuh.ac.id/index.php/sigma/article/view/3909/2662

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Edisi ke-16). Sinarbaru.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. In Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.

Suryabrata, S. (2015). Tes Hasil Belajar Sebuah Pengantar. Jakarta: Titis Media.

Published

2023-02-26

Issue

Section

Education and Social Science