Analisis Performa dan Daya Konsumsi Brushless Direct Current Motor 1000-Watt pada Mobil Listrik Hykorasaki
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v7i4.1050Keywords:
Baterai, Mobil Listrik, BLDC MotorAbstract
Mobil listrik adalah mobil yang digerakkan dengan motor BLDC menggunakan energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpanan energi. Mengingat performa motor DC maupun motor AC masih belum mampu memenuhi kebutuhan, maka dari itu penggunaan motor BLDC (Brushless Direct Current) menjadi pilihan yang sangat tepat. Motor BLDC memiliki beberapa kelebihan. Diantaranya yaitu, memiliki kebisingan yang rendah saat digunakan, karakteristik kecepatan dan torsi yang lebih baik, serta umur pemakaian yang lebih lama. Penelitian ini menggunakan metode prototype/rancang bangun dengan memasang motor BLDC untuk penggerak mobil listrik hykorasaki. tujuan penelitian ini adalah mengaplikasikan motor BLDC 48V-1000W pada mobil listrik untuk mengetahui peforma berupa kecepatan motor dan konsumsi daya nya pada saat pengujian. Untuk menggerakkan mobil listrik ini, sumber energi yang digunakan adalah baterai dengan kapasitas 48 Volt/ 20 ah. dari penelitian yang dilakukan, diperoleh data bahwa saat pengujian tanpa beban, kecepatan motor mencapai 45 km/jam dengan daya konsumsi 674,289 Watt, sedangkan saat pengujian menggunakan beban (beban maksimal 300 kg) diperoleh kecepatan motor sebesar 41 km/jam dengan daya konsumsi 541,044 Watt. dengan demikian, hasil kelajuan rata-rata motor BLDC 1000-Watt untuk prototipe mobil listrik yaitu 32 – 45 km/jam.References
D. Marlita, (2014).“112707-ID-pencemaran-udara-akibat-emisi-gas-buang (1),†vol. 01, no. 03, [Online]. Available:https://media.neliti.com/media/publications/112707-ID-pencemaran-udara-akibat-emisi-gasbuang.pdf
Badan Pusat Statistik (BPS), (2021). “indonesia miliki 4 miliar barel cadangan minyak bumi pada 2020.
H. Ammar, H. Putro, S. Tangkuman, and M. Rembet, (2015). “PERANCANGAN RANGKA GOKAR LISTRIK,".
A. Efendi, J. T. Perawatan, P. Mesin, and P. N. Subang, (2020). “RANCANG BANGUN MOBIL LISTRIK SULA POLITEKNIK NEGERI SUBANG,†J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru.
R. Setiawan, (2016). “Prototipe Mobil Listrik Menggunakan Brushless Motor Dc 350 Watt,†Repos. Univ. Negeri Jakarta,.
M. W. H. Fariz Azizi and G. Dias Kalandro, (2020)“Rancang Bangun Motor BLDC Axial Flux Menggunakan Dua Kawat Email Pada Lilitan Kumparan Stator,.
A. Basith, A. Ulinuha, M. Afan Muhlasin, and I. Shokhibul Khak, (2018). “Analisis Performa dan Konsumsi Daya Motor BLDC 350 W pada Prototipe Mobil Listrik Ababil,†Emit. J. Tek. Elektro.
M. Abdul Rahman, (2014). “Pembuatan Mobil Listrik untuk Solusi Transportasi Ramah Lingkungan (Mobil Baskara)â€.
A. W. Nurmalia, (2021). “Performance Test of Three- Phase Brushless Direct Current Motor Axial Flux with Differences Diameter of Neodymium type Permanent Magnet,†J. Tek. Elektro.
M. A. Zumain,(2009). “Prototipe Mobil Listrik Dengan Menggunakan Motor DC Magnet Permanen 0,37 HPâ€.
S. Herdianto, (2016) “ANALISA KEBUTUHAN ENERGI MOTOR LISTRIK PADA PROTOTYPE MOBIL HYBRIDâ€.
R. Fauziayanti, (2021) “PERANCANGAN BRUSHLESS DC (BLDC) MOTOR UNTUK APLIKASI SKUTER LISTRIK MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD (FEM)â€.
F. Zainuri, A. Apriana, D. Dedi, and D. Haryadi,(2015). “OPTIMALISASI RANCANG BANGUN MOBIL LISTRIK SEBUAH STUDI KENDARAAN HEMAT ENERGI SEBAGAI BAGIAN SOLUSI ALTERNATIF KRISIS ENERGI DUNIAâ€.
D. Satria, R. Lusiani, I. Rosyadi, A. Fauzi, and J. Teknik Mesin, (2017)“ANALISA PERHITUNGAN ENERGI LISTRIK PADA SEPEDA LISTRIK HYBRID,†J. Mesin Teknol. (SINTEK J., vol. 11, no. 1.
G. Fawaid, (2019). “Implementasi dan Pengujian Axial Flux Permanent Magnet Pada Motor BLDC 5 kW Sebagai Aplikasi Kendaraan Listrik,†Tesis, Inst. Teknol. Sepuluh Nop.
A. Khumaedi, N. Soedjarwanto, and A. Trisanto, (2014) “Otomatisasi Pengereman Motor DC Secara Elektris Sebagai Referensi Sistem Keamanan Mobil Listrikâ€.
G. Chandra, A. Nugraha, B. Hartono, and D. Yuliaji, (2019) “RANCANG BANGUN RANGKA MOBIL LISTRIK IBN KHALDUN SAKTI (IKSA),†ALMIKANIKA.
N. Nugroho and S. Agustina,(2015). “ANALISA MOTOR DC (DIRECT CURRENT) SEBAGAI PENGGERAK MOBIL LISTRIKâ€.
M. T. Afif, I. Ayu, and P. Pratiwi, (2015). “ANALISIS PERBANDINGAN BATERAI LITHIUM-ION, LITHIUM-POLYMER, LEAD ACID DAN NICKEL-METAL HYDRIDE PADA PENGGUNAAN MOBIL LISTRIK-REVIEW,†J. Rekayasa Mesin, vol. 6, no. 2, pp. 95–99.