Keefektifan Media Pembelajaran Film untuk Meningkatkan Pembelajaran BIPA Tingkat Awal dan Menengah

Authors

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v7i4.1023

Keywords:

akuisisi bahasa, film, BIPA, media pembelajaran

Abstract

Bahasa Indonesia semakian diminati oleh bangsa asing. Hal ini terbukti dari makin banyaknya warga asing yang mengikuti program BIPA dengan berbagai tujuan. Tidak sedikit, peserta didik asing datang ke Indonesia belum menguasai bahasa Indonesia, bahkan hanya untuk kepentingan percakapan sehari-hari, sehingga menjadi permasalahan ketika mengikuti pendidikan di Indonesia. Oleh sebab itu, berbagai permasalahan-permasalahan tersebut perlu memperoleh perhatian dan solusi pemecahan. Program BIPA merupakan program yang diperuntukan mahasiswa asing untuk meningkatkan kemampuan dalam menggunakan bahasa Indonesia. Tidak semua strategi dan metode efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dari masing-masing peserta didik. Ada peserta didik yang efektif menggunakan metode dan strategi A, tetapi dapat saja tidak efektif diterapkan untuk peserta didik B. Oleh sebeb itu, instruktur BIPA perlu membekali diri dengan kemampuan dalam memanfaatkan berbagai sumber, strategi, metode, bahkan media yang akan digunakan untuk pendidikan sehingga dapat memfasilitasi setiap peserta didik. Salah satu media yang dapat dimanfaatkan adalah media film. Film sebagai potret kehidupan masyarakat juga mengandung unsur budaya yang sangat bermanfaat untuk peserta didik. Belajar bahasa tanpa mengenal budaya maka akan mempersulit akuisisi di dalam diri masing-masing peserta didik.

Author Biography

Yoga Pradana Wicaksono, Universitas Negeri Yogyakarta

Berprofesi sebagai dosen di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa dan mahasiswa program doktoral Universitas Negeri Yogyakarta

References

Desai, S. V., Jabeen, S. S., Abdul, W. K., & Rao, S. A. (2018). Teaching cross-cultural management: A flipped classroom approach using films. The International Journal of Management Education, 16(3), 405–431. https://doi.org/10.1016/J.IJME.2018.07.001

Diergarten, A. K., Möckel, T., Nieding, G., & Ohler, P. (2017). The impact of media literacy on children’s learning from films and hypermedia. Journal of Applied Developmental Psychology, 48, 33–41. https://doi.org/10.1016/J.APPDEV.2016.11.007

Dikilitas, K., & Duvenci, A. (2009). Using popular movies in teaching oral skill. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 1(1), 168–172. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2009.01.031

Gever, V. C., Tunca, E. A., Boluwatife, A. A., Nwogbo, V. C., Chinweobo-Onuoha, B. N., Ugwuoke, J. C., & Talabi, F. O. (2021). Visual media and learning: Effect of interactive television instruction as an intervention strategy for improving the critical thinking skills and disposition of out-of-school nomadic children in Nigeria. Learning and Motivation, 76, 101767. https://doi.org/10.1016/J.LMOT.2021.101767

Hamidi, F., Kharamideh, Z. M., & Ghorbandordinejad, F. (2011). Comparison of the training effects of interactive multimedia (CDs) and non-interactive media (films) on increasing learning speed, accuracy and memorization in biological science course. Procedia Computer Science, 3, 144–148. https://doi.org/10.1016/J.PROCS.2010.12.025

Hanafiah, W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Media Film. Epigram, 16(2), 149–158. https://doi.org/10.32722/epi.v16i2.2229

Hasyim, A. R., Syarif, S., Ahmad, M., Niswar, M., Stang, & Nasrudin, A. M. (2021). Enhance midwifery student skills about active management third stage labor via learning media. Gaceta Sanitaria, 35, S284–S287. https://doi.org/10.1016/J.GACETA.2021.10.035

Husmiati, R. (2017). Kelebihan dan Kelemahan Media Film sebagai Media Pembelajaran Sejarah. Jurnal Sejarah Lontar, 7(2), 61. https://doi.org/10.21009/LONTAR.072.06

Inayaturrobbani, F. (2020). Memahami Fungsi Gosip dalam Masyarakat Melalui Film Pendek “Tilik.†TONIL: Jurnal Kajian Sastra, Teater dan Sinema, 17(2), 41–54. https://doi.org/10.24821/tnl.v17i2.4353

Kabadayi, L. (2012). The Role of Short Film in Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 47, 316–320. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2012.06.657

Keles, A. (2015). The Role of Films in Literature Education at Departments of German Language and Literature in Turkey. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197, 652–658. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2015.07.053

Khoshniyat, A. S., & Dowlatabadi, H. R. (2014). Using Conceptual Metaphors Manifested in Disney Movies to Teach English Idiomatic Expressions to Young Iranian EFL Learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 98, 999–1008. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2014.03.510

Lai, C., & Tai, C. P. (2021). Types of social media activities and Hong Kong South and Southeast Asians Youth’s Chinese language learning motivation. System, 97, 102432. https://doi.org/10.1016/J.SYSTEM.2020.102432

Lu, L., Wong, I. K. A., & Zhang, Y. (2021). Second language acquisition and socialization in international trips. Journal of Hospitality and Tourism Management, 47, 1–11. https://doi.org/10.1016/J.JHTM.2021.02.007

Mustofa, R. H., Pramudita, D. A., Atmono, D., Priyankara, R., Asmawan, M. C., Rahmattullah, M., … Pamungkas, L. N. S. (2022). Exploring educational students acceptance of using movies as economics learning media: PLS-SEM analysis. International Review of Economics Education, 39, 100236. https://doi.org/10.1016/J.IREE.2022.100236

N, N. F., Syarif, S., Ahmad, M., Budu, & B, Y. S. (2021). Web-based learning media the skills of suturing rupture perineum of midwifery students. Gaceta Sanitaria, 35, S248–S250. https://doi.org/10.1016/J.GACETA.2021.07.017

Rikarno, R. (2015). Film Dokumenter sebagai Sumber Belajar Siswa. Ekspresi Seni, 17(1). https://doi.org/10.26887/ekse.v17i1.71

Sholihin, M., Sari, R. C., Yuniarti, N., & Ilyana, S. (2020). A new way of teaching business ethics: The evaluation of virtual reality-based learning media. The International Journal of Management Education, 18(3), 100428. https://doi.org/10.1016/J.IJME.2020.100428

Widiani, L. S., Darmawan, W., & Ma’mur, T. (2018). Penerapan Media Film Sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Mengolah Informasi Siswa dalam Pembelajaran Sejarah. FACTUM: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah, 7(1). https://doi.org/10.17509/factum.v7i1.11932

Widyahening, C. E. T. (2014). Film Sebagai Media dalam Pembelajaran Sastra. Widya Wacana, 9(2).https://doi.org/https://doi.org/10.33061/ww.v9i2.960

Published

2022-11-17

Issue

Section

Education and Social Science