Pengaruh Pembelajaran Blended Learning, Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi SMKN 2 Kota Kediri
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v7i2.965Keywords:
Blended Learning, Kecerdasan Emosional, Minat Belajar, Hasil BelajarAbstract
Proses dalam pendidikan masih menjadi masalah universal yang dihadapi suatu negara. Di era pandemi Covid-19 ini, dunia pendidikan dituntut untuk berinovasi dalam mewujudkan pembelajaran yang efektif. Salah satu yang dapat diaplikasikan adalah blended learning. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui apakah blended learning berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar komputer akuntansi, untuk mengetahui apakah kecerdasan emosional secara parsial berpengaruh terhadap hasil belajar komputer akuntansi, untuk mengetahui apakah minat belajar secara parsial berpengaruh terhadap hasil belajar komputer akuntansi dan untuk mengetahui pengaruh blended learning, kecerdasan emosional dan minat belajar secara simultan saling mempengaruhi terhadap hasil belajar komputer akuntansi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan dokumentasi dengan tehnik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini yaitu pengaruh variabel bebas secara parsial terhadap variabel terikat, menunjukkan bahwa Variabel X1 tidak berpengaruh signifikan, Variabel X2 tidak berpengaruh signifikan, dan Variabel X3 memiliki signifikansi memengaruhi. Sedangkan blended learning, kecerdasan emosional dan minat belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen.References
Alzak, Aulia., R. (2015). PENGARUH MINAT DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP Aulia Alzak 1 dan Rustam 2. 120–127.
Baktio, H. (2013). Kecerdasan Emosi Bahan Ajar Diklat Kepemimpinan Aparatur Pemerintah Tingkat IV. http://www.pusdikmin.com
Binmuslim, N. (2013). Buku Ajar Pembelejaran 2013. Academia, 0–43. https://www.academia.edu/5682010/BUKU_AJAR_PEMBELAJARAN_2013
Cruz, A. P. S. (2013). Processing Data Penelitian Kuantitatif Menggunakan Eviews. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Destiana, I. D., Rahayu, W. E., Mukminah, N., & Yudianto, O. (2019). Penerapan Model Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Agroindustri Politeknik Negeri Subang. Edufortech, 4(2). https://doi.org/10.17509/edufortech.v4i2.19371
Fatmasari, F. H. (2020). The Effect of Blended Learning on Learning Activities and Student Learning Outcomes in Basic Trimming Subjects at SMKN 8 Surabaya. 406(Iconhomecs 2019), 354–359. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200218.056
Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), 6. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.870
Gustina, H. (2020). PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 68 KOTA BENGKULU. Journal of Chemical Information and Modeling, 2(1), 5–7. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPPP/article/download/83/65%0Ahttp://www.embase.com/search/results?subaction=viewrecord&from=export&id=L603546864%5Cnhttp://dx.doi.org/10.1155/2015/420723%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76
Hafil, H., Pengaruh, A., Belajar, M., & Belajar, H. (n.d.). PENGARUH MINAT BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI SMK NEGERI 4 MAKASSAR HARYADI. 1–13.
Hasbullah, H. (2015). Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Matematika Masa Depan. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(1), 49–56. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i1.140
Hermawan, R. dan R. (2016). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, MINAT BELAJAR, DAN HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI MAHASISWA S1 PRODI PENDIDIKAN. JPAK.
Idris, H. (2018). Pembelajaran Model Blended Learning. Jurnal Ilmiah Iqra’, 5(1), 61–73. https://doi.org/10.30984/jii.v5i1.562
Janie, D. N. A. (2012). S t a t i s t i k d e s k r i p t i f & r e g r e s i l i n i e r b e r g a n d a d e n g a n s p s s.
King, R. B., Chung, T. S. H., & Chen, J. (2020). Emotionally intelligent students are more engaged and successful : examining the role of emotional intelligence in higher education. 839–863.
Majumder, P., & Mondal, G. C. (2019). Effect of Blended Learning Strategy for Secondary School Effect of Blended Learning Strategy for Secondary School. International Journal of Research and Analytical Reviews, 6(1), 381–387.
Makbul, M., Ismail, I., Ismail, W., Ode, L., & Ahmad, I. (2021). International Journal of Social Science And Human Research The Effect of Emotional Intelligence and Spiritual Intelligence on Learning Outcomes of Islamic Religion and Characteristics of Students at SMA Negeri 5 Makassar. 04(04), 588–595. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v4-i4-05
Nasution, Nurliana., Nizwari J., dan syahril. (2019). buku blended learning (Vol. 148).
Nizar hariz hamzah, herman subarjah, A. S. (2021). ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DARING DAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Pelita, 21(2), 182–195.
Perwakilan, D., Republik, R., & Umum, K. (2005). Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Presiden Republik Indonesia ,. 1, 1–12.
Rahayu, M. (n.d.). Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di smk ketintang surabaya. JPAK, 1–17.
Rahmi, I., & Wiza, R. (2021). Pengaruh Pembelajaran Blended Learning terhadap Nilai-Nilai Karakter Siswa SD Negeri 26 Teluk Bayur. 1(3).
Republik Indonesia. (2020). surat edaran menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 4 tahun 2020. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 2, Issue 1, pp. 5–7). https://covid19.hukumonline.com/wp-content/uploads/2020/04/surat_edaran_menteri_pendidikan_dan_kebudayaan_nomor_4_tahun_2020-2.pdf
Sinaga, E. (2016a). Pengaruh Penggunaan Blended Learning Dan Minat Belajar Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Bisnis Stambuk 2016. 103–104.
Sugesti, H., Triputranto, B. &, & Diawati, P. (2021). PENGARUH BLENDED LEARNING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DI MASA PANDEMI PADA SISWA SMKN 1 GARUT. 11(September).
Sukarmin. (2018). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas iv sdn gentungang kecamatan bajeng barat kabupaten gowa skripsi.
Syahrum, & Salim. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif (p. Bandung : Cipustaka Media).
Veranicha, F., Rumanta, M., & Rahayu, U. (2020). The Effect of the Learning Model Contextual Teaching and Learning ( CTL ) and Interest on the Students ’ Natural Sciences Learning Outcomes in Class VI Toboali District Elementary School. 12484–12494.
Purwanto. (2011). Statistika untuk penelitian.(Yogyakarta : Pustaka Belajar)
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. (Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro)
Roesminingsih & Lamijan Hadi Susarno. (2018). Teori dan Praktek Pendidikan. (Surabaya : Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Mutu Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan)