Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v2i3.82Keywords:
Kata Kunci, Group Investigation, Hasil Belajar, PAIAbstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam beserta peningkatannya. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam dua siklus. Peningkatan hasil belajar sejak pertemuan ke-1 dan pertemuan ke-2Â Siklus I sampai dengan Siklus II menunjukkan bukti bahwa dengan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa.References
Arikunto, S. 2001. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dimyati, D. & Mudjiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Cet. ketiga. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sukmadinata, N. S. 2007. Metode penelitian. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Sukidin, B. (2002). Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya: Insan Cendekia.
Vierwinto. 2012. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri Gendongan 03. Skripsi tidak diterbitkan. Salatiga : Program Studi PGSD UKSW
Yudi Wiratama (2014) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI). (Online), (http://yudi-wiratama.blogspot.co.id/2014/01/model pembelajaran-kooperatif-tipe.html.), diakses 10 juni 2017.