Supervisi Akademik Kepala Madrasah di Madrasah Aliyah Darussalam Sumedang

Authors

  • Dian Dian Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Program Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Ari Prayoga Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Program Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v4i4.413

Keywords:

Pengawasan, supervisi akademik, madrasah,

Abstract

Kepala madrasah belum mengambil inisiatif untuk mendekati pengajar untuk mengetahui kendala yang dialami dan belum intensif dalam menerapkan pendekatan klinis. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap proses pengawasan akademik meliputi; merencanakan, melaksanakan dan menindaklanjuti hasil pengawasan di Madrasah Aliyah Darussalam Sumedang, Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, pelaksanaan supervisi akademik dilakukan dengan menyusun program supervisi akademik dan membentuk tim supervisi. Kedua, pelaksanaan supervisi akademik menggunakan pendekatan dan teknik; kunjungan kelas, mengamati kegiatan pengajar, mengamati penguasaan bahan ajar, melakukan diskusi kelompok. Ketiga, menindaklanjuti hasil supervisi akademik pengajar dengan membahas metode pembelajaran, penggunaan dan teknik penilaian, penggunaan media pembelajaran dan penggunaan waktu dalam pembelajaran.

References

Arikunto, S. (2003) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Barbera, E. (2019) ‘Wawancara selaku tenaga pendidik B.Indonesia Madrasah Aliyah (MAS) Darussalam Sumedang’. Sumedang: 17 Mei 2019.

Buckley, P. and Irawan, I. (2015) ‘The Scientific Paradigm of Islamic Education Management: Phenomenology Perspective’, Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), pp. 1–29. doi: 10.15575/jpi.v2i1.701.

D.PPSKM (2019) Laporan Tabulasi Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah MAS Darussalam. Sumedang.

Fathoni, A. (2006) Metodelogi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skipsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadi, S. and Andi (2004) Metode Research. Ed.II. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hayati, N. R. (2019) ‘Wawancara Kepala Madrasah Aliyah (MAS) Darussalam Sumedang’. Sumedang: 15 Mei 2019.

Ibrahim, N. S. (2001) Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.

Irawan (2016) ‘Paradigma Keilmuan Manajemen Pendidikan Islam’, Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), pp. 297–315. doi: https://doi.org /10.14421/manageria.2016.12-07.

Kepala Madrasah Bidang Kurikulum (2019) Dokumentasi Instrumen Supervisi Akademik MAS Darussalam Sumedang. Sumedang.

Komarudin, D. (2019) Draft Laporan Evaluasi Supervisi Kepala Madrasah. Sumedang.

Moloeng, L. J. (2001) Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Mulyasa, E. (2004) Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mutiara, N. (2019) ‘Wawancara Selaku Tenaga Pendidik Mapel Matematika MAS Darussalam Sumedang’. Sumedang: 17 Mei.

Nurdiana, M. and Prayoga, A. (2018) ‘Fungsi-Fungsi Manajemen dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah’, Madrasa: Journal of Islamic Educational Management, 1(1), pp. 9–15. Available at: http://madrasa.id/ index.php/madrasa/article/view/2/2.

O.LSKM (2019) Hasil Observasi Supervisi Kepala Madrasah MAS Darussalam. Sumedang.

Paramudita, A. and Ridwan, I. (2019) ‘Teknik Supervisi Akademik di Sekolah Islam’, Madrasa: Journal of Islamic Educational Management, 2(1), pp. 1–6. doi: 10.32940/mjiem.v2i1.91.

Prayoga, A. et al. (2019) ‘Implementasi Penjaminan Mutu Madrasah’, Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), pp. 70–84. Available at: http://jurnal.iaibafa. ac.id/index.php/murobbi/article/view/183.

Sagala, S. (2012) Supervisi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sahmudin, S. and Prayoga, A. (2019) ‘Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Pendidik Dalam Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik’, Al-Mau’izhoh, 1(2), pp. 12–22. Available at: http://www.jurnal.unma.ac.id/ index.php/am/article/view/1673.

Sugiyono (2012) Metode Penelitian Kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tim Supervisi (2019) Dokumen Rapat Supervisi Kepala Madrasah MAS Darussalam. Sumedang.

Tohirin (2012) Motode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konsling. Jakarta: Rajawali Pers.

Wahyudi (2012) kepemimpinan Kepada madrasah Dalam Organisasi Belajar. Bandung: Alfabeta.

Wiliyawati, C. (2019) ‘Wawancara selaku tenaga pendidik Sosiologi Madrasah Aliyah (MAS) Darussalam Sumedang’. Sumedang: 16 Mei 2019.

Published

2019-11-30

Issue

Section

Education and Social Science