Pengembangan Model Pembelajaran PBL Berbasis Blended Learning Pada Mahasiswa PGSD UNU Blitar
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v4i4.412Keywords:
PBL, blended learningAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan pembelajaran berbasis masalah (PBL) berbasis blended learning agar mahasiswa lebih menguasai pembelejaran dengan memanfaatkan teknologi dan pemecahan masalah. Model pengembangan Dick and Carey. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil validasi ahli pembelajaran diperoleh nilai 90 %, uji coba kelompok kecil yang dilakukan di offering B semester 1 PGSD UNU Blitar diperoleh presentase sebesar 85%. Hasil uji coba lapangan dari angket subjek ujicoba diperoleh nilai 90%. Artinya produk yang dikembangkan berupa model PBL berbasis Blended learning dalam kualifikasi sangat valid/layak sehingga secara umum tidak perlu revisi.References
Arsanti, Meilan. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, Unissula. Jurnal Kredo Vol 1(2): 71-90. http://jurnal.umk.ac.id diakses 11 November 2019
AUN-QA. 2015. Guide to AUN-QA Assessment at Programme Level Version 3.0. Bangkok: ASEAN University Network.
Bin, J. O. 2015. Living Better. (AUN-QA Network) Retrieved Maret 2016, from http://livingbetterforhappiness.blogspot.co.id/2015/12/the tenprinciples-behind-aun-qa-model.html
Darmawan, Deni. 2014. Pengembangan E-Learning teori dan Desain. Remaja Rosdakarya: Bandung
Direktorat Ketenagaan: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2010. Modul Pendamping Pengembangan BERMUTU. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional
Kemenristekdikti. 2016. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi. https://belmawa.ristekdikti.go.id (online) diakses 11 November 2019
Oguz-Unver, Ayse dan Arabacioglu, Sertac. 2011. Overviews on Inquiry Based and Problem Based Learning Methods. Western Anatolia Journal of Education Science 303-310
Sandi, Gede. 2012. Pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia Ditinjau Darri Kemandirian Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 45(3):241-251
Siahaan, Sudirman. 2003. E-Learning (Pembelajaran Elektroni) sebagai salah satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan No.042 Mei 2003. Jakarta: Depdiknas.
Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Aditya Media Publishing: Malang
Undang-Undang Republik Indonesia No.12 Tahun 2012. http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/ (online) diakses 11 November 2019
Waryanto, Nur Hadi. 2006. Online Learning sebagai salah satu Inovasi Pembelajaran. Jurnal Phitagoras Vol (2) 1: 10-23. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132304807/Online%20Learning%20sebagai%20Salah%20Satu%20Inovasi%20Pembelajaran.pdf. Diakses 11 November 2019